Petani OKI Dapat ‘Jatah’ Pupuk Bersubsidi 61.087 Ton

 150 total views,  2 views today

Ilustrasi Pupuk Subsidi | Dok KS

Ilustrasi Pupuk Subsidi | Dok KS

KAYUAGUNG – Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tahun ini mengalokasikan pupuk bersubsidi untuk para petani sebanyak 61.087 ton.
Kepala Dinas Pertanian OKI, Syarifudin, dari alokasi sebanyak 61.087 Ton tersebut meliputi, Urea 27.000 ton SP36 sebanyak  8618 ton, ZA 1.037 ton , NPK Ponska 17.954 ton dan Organik 6. 478 ton.

“Kebututahan Pupuk subsidi  dilakokasikan berdasarkan kebutuhan masing-masing komoditi, untuk Pupuk urea Khusus komoditi pangan dialokasikan  sebanyak17.567 ton , holtikultura  2.491 ton perkebunan rakyat 5.962 ton, komiditi penghijauan makanan ternak 81 ton dan untuk tambak dan kolam  rakyat  guna memenuhi kebutuhan budidaya tambak udang/ikan sebanyak 924 ton,” jelasnya.

Jika sesuai dengan kebutuhan petani OKI, sebenarnya membutuhkan Urea sebanyak 122.793 ton, kemudian SP 36 sebanyak 119.192 ton, ZA sebanyak 19.135 ton, NPK 116.390 ton dan pupuk organic sebanyak 195.994 ton.

“Kebutuhan ini merupakan usulan dari seluruh petani yang tersebar di 18 Kecematan Kabupaten OKI,” ungkapnya.

Kebutuhan pupuk Urea menurut dia Lebih sebenarnya lebih banyak dibandingkan pupuk lainya, idealnya untuk seluruh Petani OKI diperlukan UREA 100.000 ton lebih.

“Sementara alokasi pupuk UREA tahun ini  hanya 27 ribu ton saja di OKI, ini memang ironis bagi kita, pupuk UREA itu diproduksi oleh PT Pusri yang ada di Palembang, tetapi kebutuhan  UREA untuk petani di Sumsel sangat minim,” jelasnya.

Ditambahkanya untuk para petani yang ingin mendapatkan pupuk bersubsidi ini cukup dengan menyusun rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) agar kios pengecer pupuk bisa melayani pembelian.

“Hal ini dimaksudkan agar pendistribusian pupuk berjalan dengan lancar. Untuk itu dirinya mengharapkan agar penyuluhan pertanian dan kepala unit pelaksana teknis dapat membimbing Gapoktan dalam menyusun RDKK,” tambahnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (sekda) OKI Husin, mengatakan pengalokasian pupuk bersubsidi adalah salah satu bentuk perhatian yang diberikan khususnya kepada petani yang berada diseluruh wilayah OKI.

“Alokasi tersebut sesuai keputusan gubernur yang dijabarkan melalui peraturan bupati tentang alokasi pupuk bersubsidi untuk petani yang tersebar di 18 kecamatan wilayah Kabupaten OKI, kita berharap  agar pendistribusian pupuk berjalan dengan baik,” jelasnya.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster