Percontohan Program SIPO, KPPT Palembang Jadi Pilot Projek

 263 total views,  2 views today

Kantor KPPT Kota Palembang | Foto : Antaranews.com

Kantor KPPT Kota Palembang | Foto : Antaranews.com

PALEMBANG | Dari lebih kurang 500 Kantor Pelayanan Satu Pintu (KPSP) di kabupaten/kota di Indonesia, Kantor Pelayanan Perizinan Terpatu (KPPT) Palembang, berhasil masuk dalam 15 besar kota di Indonesia yang menjadi projek percontohan nasional dalam program Sistem Informasi Perusahaan Online (SIPO).

Hal tersebut diungkapkan oleh kepala KPPT Palembang, Diankis Julianto, saat dibincangi, Kamis (21/8). Diankis mengatakan, program SIPO merupakan program nasional, dimana sistem tersebut sebagai informasi atau aplikasi berbasis online yang mempermudah dalam pencarian data-data, surat izin usaha perdagangan (SIUP), tanda daftar perusahaan (TDP) dan izin lainnya.

“SIPO ini terintegrasi langsung secara terpusat di database Kementerian Perdagangan (Kemenperindag), dan Palembang menjadi salah satu kota percontohan di Indonesia,” kata Diankis.

Ia mengaku, saat ini pemerintah pusat tengah melakukan persiapan terkait penerapan program berbasis online tersebut. “Mudah-mudahan di Agustus ini, program canggih ini sudah bisa terinterasi ke pusat terkait pelayanan dan perizinan,” ujarnya.

Diankis menyebutkan, Palembang terpilih menjadi salah satu kota penerapan SIPO karena KPPT Palembang sudah berapa kali menerima penghargaan nasional, dalam penerapan pelayanan satu pintu.

“Kami siap. Tinggal pencocokan kode dari aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Perijinan (SIPPERI) ke aplikasi SIPO. Mudah-mudahan, uji cobanya berhasil, dan segera diterapkan,” harapnya.

Diakis menambahkan, dengan adanya sistem data di Kemeperindag ini, nantinya dalam penerbitan perizinan akan lebih mudah karena online. “Program ini akan lebih mempermudah. Khususnya dalam penerbitan perizinan. Dan perizinan yang diterbitkan KPPT ada 32 j

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster