Saluran Drainase Buruk, Pagaralam Langganan Banjir

 244 total views,  2 views today

Warga Indragiri nampak sedang  membersikan selokan yang dipenuhi sampah.

Warga Indragiri nampak sedang membersikan selokan yang dipenuhi sampah.

PAGARALAM – Memasuki musim penghujan, sepanjang jalan Talang Jawa, Indragiri hingga Eks Pasar Seghepat Seghendi kerap menjadi langganan banjir. Air hujan kerap meluap hingga kebadan jalan, akibat buruknya penataan saluran dreinase yang ada.

“Setiap turun hujan, sepanjang jalan talang Jawa hingga jalan Sersan Ali Aras kerap dijumpai tumpukan sampah yang berserakan di badan jalan akibat terbawa arus deras,” kata Pardi (53) warga Indragiri, Rabu (20/8).

Menurutnya, keberadaan saluran drainase yang ada banyak dipenuhi sampah yang berasal dari hulu siring hingga menyumbat sejumlah gorong-gorong. Ketika turun hujan, volume sampah terus bertambah hingga meluap kebadan jalan akibat tak mampu menampung arus deras ada.

“Sudah semrawut, ukuran drainase tergolong kecil hingga membuat lokasi tersebut menjadi kawasan langganan banjir, “ kata Pardi.

Endek (40) warga lainnya mengemukakan, akibat saluran dreinase kurang tertata dengan baik, lokasi dimaksud menjadi kawasan langganan banjir. Termasuk gorong-gorong yang berada di Simpang Tebat Baru Ilir tidak dapat difungsikan, karena saluran yang ada banyak dipenuhi sampah dan batu kali.

“Ya, hampir 5 tahun lamanya keberadaan gorong-gorong tersebut tidak dapat dilalui arus air akibat tersumbat sampah dan bebatuan,” terangnya seraya berkata sepertinya pihak terkait kurang peduli terhadap masalah ini hingga membuat warga sekitar terpaksa bergotong royong membersikan tumpukan sampak yang menyumbat sejumlah drainase yang ada.

Terpisah, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Pagaralam, Saiful Amri menegaskan, sampah menumpuk hingga kebadan jalan akibat banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Dia mengatakan, kalau didaerah tempat ia bermukim sudah lama tidak hujan. Sehingga

“Pihak DKP Kota Pagaralam segera menerjunkan petugas guna membersihkan tumpukan sampah yang berhamburan hingga kebadan jalan,” kata Saiful seraya bertanya kalau ditempat saya sudah lama tidak hujan, sehingga belum begitu terpantau jika banyak sampah yang berserakan dibadan jalan.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Kota Pagaralam, Sunarto Rohim mengatakan, pihaknya tengah berupaya mendata sejumlah drainase yang tidak berfungsi dengan baik. Tahun ini (2014-red) Pemkot Pagaralam melalui Dinas PU tengah berupaya melakukan pembangunan sejumlah drainase yang ada.

“Ya, tahun ini kita utamakan pembangunan drainase yang ada di dalam kota,” katanya seraya berujar semoga proses pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan sesuai rencana.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster