Distan OKI Perluas Lahan Pertanian Kedelai

 322 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

KAYUAGUNG – Setelah sebelumnya melakukan pembukaan 150 hektar lahan pertanian kedelai di Desa Muara Burnai I Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat melalui Dinas Pertanian memperluas lahan kedelai dengan membuka 1.050 hektar lahan di Kecamatan Lempuing OKI.

Pembukaan lahan pertanian kedelai ini ditandai secara simbolis dengan penanaman perdana yang dilakukan Wakil Bupati (Wabup) OKI, M Rifai SE bersama Kepala Dinas Pertanian, Syarifuddin di Desa Tugujaya, Kecamatan Lempuing, Rabu (20/8) pagi.

Wakil Bupati OKI, M Rifai SE didampingi Kepala Dinas Pertanian OKI, Syarifuddin mengatakan, sebelumnya Pemkab OKI juga telah melakukan program perluasan areal tanam (PAT) di Desa Muara Burnai seluas 150 hektar. “Sementara hari ini (kemarin) kita melakukan pembukaan 1.050 hektar lahan kedelai dan kedepan di Kecamatan Mesuji Raya seluas 300 hektar,” ujarnya.

Dikatakannya, bantuan PAT ini diberikan dalam bentuk Bantuan Langsung Masyarakat, peruntukannya berupa bantuan benih kedelai, pupuk NPK Phonska, pupuk SP-3 dan lainnya.

Perluasan lahan tanam kedelai merupakan upaya pemerintah untuk mencapai swasembada pangan non beras. Mengingat Indonesia beberapa tahun ini dilanda krisis kedelai juga untuk meningkatkan produktivitas lahan dan perekonomian petani.

“Hari ini kita menanam perdana kedelai, ini bentuk upaya diversifikasi
pangan agar lahan ini lebih produktif di masa selang. Kita ingin OKI tidak
hanya mampu surplus beras namun juga mampu menyokong surplus pangan non beras,” terang Wabup.

Perwakilan petani Kecamatan Lempuing, Diman mengaku berterima kasih atas pelaksanaan program PAT di desa mereka. Program ini menurutnya sangat membantu petani terutama dimasa belum mulainya masa tanam padi.

“Untuk mendapatkan hasil kedelai yang baik, kami petani Tugujaya dan khususnya Kecamatan Lempuing meminta kepada Bupati agar dibantu sumur bor dan jalan tani,” harapnya.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster