Pilbup OI, KPU Ajukan Dana Rp50 M

 318 total views,  2 views today

pemilu

INDERALAYA  – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pemilihan Bupati (Pilbup) 2015, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir mengajukan dana senilai Rp 50 miliar ke Pemerintah Kabupten (Pemkab), Ogan Ilir, untuk dua putaran.

Hal tersebut diungkapkan anggota Komisioner KPU OI, Amrah Muslimin, SE, Selasa (19/8), kemarin.

“Ya, memang kami mengajukan anggaran untuk Pilbup nanti senilair Rp 50M, untuk dua putaran. Anggaran itu jika nanti terjadi dua putaran. Tapi untuk satu putaran saja idealnya Rp20 M. Kalau tidak Rp 20 miliar, kami (KPU), bisa menolak,” ungkapnya.

Amrah menambahkan, pada Pilkada 2010, lalu biaya penyelenggaraannya sebesar Rp 12 miliar. Namun, untuk Pilkada 2015, pihaknya menaikan anggaran Rp 8 miliar.

“Kami menaikkan Rp 8 miliar, sehingga total pengajuannya sebesar Rp 20 miliar untuk satu putaran. Untuk biaya honor dari KPU hingga KPPS aja sekitar Rp14 miliar. Jika ditotal, seluruhnya ada 10.123 orang petugas penyelenggara dari KPU hingga PPS,” ujar Amrah.

Lanjut Amrah, kenaikan anggaran tersebut berdasarkan pada keinginan KPU Ogan Ilir untuk menaikan honor para penyelenggara pemilu, baik di tingkat kecamatan (PPK) dan desa (PPS).

“Itu sudah menjadi kesepakatan jika ada kenaikan honor. Kemungkinan naik honor berkisar Rp 100ribu-Rp200ribu. Soalnya, untuk Pilbup nanti, mata pilihnya juga bertambah. Mata pilih Pilkada 2010 sekitar 200ribu, untuk Pilkada 2015, nanti sekitar 300ribu pemilih,” papar Amrah.

Disinggung Pilkada serentak, Amrah menjelaskan, kemungkinan besar akan dilakukan Pilkada serentak yakni di OKU, OKUT, OKUS, OI, Musi Rawas, PALI dan Muratara.

“Tapi, kita masih tunggu keputasan nanti. Untuk tahapan Pilkada nanti setelah pengumuman hasil sengketa Pilpres pada 21 Agustus, dan pelantikan September, baru kita bicarakan tahapan,” pungkasnya.

 

Teks  : Junaedi Abdillah

EDITOR  : SARONO P SASMITO 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster