November, Jalan Batubara Khusus Selesai Dibangun

 266 total views,  2 views today

Truk Batubara

Truk Batubara | Dok KS

PALEMBANG – Jalan khusus angkutan truk batubara yang dibangun oleh PT Servo, direncanakan akan diresmikan penggunannya pada November mendatang.  Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sumatera Selatan (Sumsel), Musni Wijaya, Selasa (19/8).

Namun kapan kepastiannya, Musni belum bisa menyebutkannya. Namun menurut dia, di November,  jalan khusus batubara itu sudah rampung.  “Kondisinya katakanlah sudah rampung, namun untuk saat ini kita belum berani melaunchingnya,”  terang Musni.

Musni menjelaskan, pihaknya belum berani melaunching jalan khusus angkutan truk batubara dalam bulan ini, dikarenakan jalan khusus angkutan truk batubara tersebut harus diuji terlebih dahulu. “Selain itu, kita juga melihat kondisi jalan ketika terkena hujan apakah masih tergenang atau tidak. Jadi, kita inginkan jalan ini benar-benar rampung dan tidak ada kendala lagi,” jelasnya seraya menyebut untuk jalan khusus angkutan batubara, yang dibangun PT BMS dan dilanjutkan PT EPI, juga akan rampung dalam waktu dekat.

Musni juga menegaskan, walau pun jalan khusus batubara tersebut belum bisa dioperasionalkan sampai saat ini, namunDishubkominfo tidak akan mentolerir bagi angkutan batubara yang melintas di jalan umum.

Jika ada truk batubara yang ketahuan melintas di jalan umum maka sebut Musni, pihaknya akan melakukan tilang ditempat. Dalam pelaksanannya jelas Musni, Dishubkominfo bekerjasama dengan kepolisian, kejaksaan dan pengadilan.

“Namun pada prinsipnya, semua perusahaan angkutan batubara dan perusahaan batubara sudah siap mengikuti instruksi gubernur yang melarang angkutan batubara melintas di jalan umum, jika jalan khusus itu selesai dibangun,” tukasnya.

 

TEKS             : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster