272 Pejabat Pagaralam Dirolling

 268 total views,  2 views today

Ilustrasi PNS | Dok KS

Ilustrasi PNS | Dok KS

PAGARALAM – Isu mutasi ataurolling besar-besaran di lingkungan Pemerintah Kota Pagaralam yang berkembang dalam dua bulan terakhir, Selasa (19/8) di Aula SD 72 Model Komplek Perkantoran Gunung Gare akhirnya dilaksanakan.

Kali ini tak tangung-tanggung, Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni merolling sekaligus melantik berikut mengambil sumpah dan janji sebanyak 272 pejabat struktural eselon II, III dan IV.

Salah satu pejabat eselon II yang dilantik adalah Sajihartana SE Ak. MSi menjadi Inspektur di Inspektorat Kota Pagaralam yang diambil dari pejabat Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang menggantikan pejabat lama Ir Supawi Cekwan MM yang dijadikan Staf Ahli di Sekretariat Pemkot. Dengan demikian Sajihartana adalah pejabat BPKP kedua yang ditarik dan diperbantukan di Pemkot Pagaralam. Setelah sebelumnya, Supriadi seorang auditor BPKP ditarik menjadi Kepala Bidang (Kabid) Akuntansi dan Pelaporan pada Dinas Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Pagaralam.

“Ya, kita sengaja menarik pejabat BPKP, mengingat selama ini kita tidak punya auditor senior ketika memeriksa pejabat-pejabat bermasalah. Selain itu kita membutuhkan perbaikan kinerja agar ke depan dapat meminimalisasi kesalahan dan pelanggaran,” kata Wali Kota Ida Fitriati Basjuni.

Melalui keputusan ini lanjutnya,  para pejabat yang dilantik harus segera bekerja mengisi posisinya dan menyesuaikan diri di lingkungannya yang baru.

“Semua ini hasil dari evaluasi yang kita jalani selama ini. Kalau tidak cocok nanti akan kita evaluasi lagi sampai bertemu yang benar-benar cocok dan bisa bekerja,” jelasnya.

Meski begitu Ida menegaskan agar para pejabat baru harus menyusun program kerja atau melanjutkan dan menyesuaikan dengan program kerja yang lama. Selain itu agar para pejabat ini dapat memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kerjanya.

“Pelantikan ini hal biasa dan juga merupakan hal dapat menambah efektivitas dan efisiensi dalam melaksanakan program pembangunan di Pagaralam,” ujarnya.

Disampaikannya juga selain rolling, pelantikan ini juga untuk mengisi jabatan yang kosong seperti Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KBPP), serta beberapa Bagian di Sekretariat baik yang baru maupun penggabungan dari Bagian yang ada seperti Bagian Ekonomi dan Program disatukan menjadi Bagian Ekonomi dan Pembangunan, Bagian Kesra dan Kemasyarakatan digabungkan menjadi satu, serta ada Bagian baru yaitu Bagian Keuangan. Selain itu, ada kantor baru Kantor Pemuda dan Olahraga yang selama ini menjadi satu dengan Dinas Pendidikan.

Sekretaris Daerah Kota Pagaralam Drs. H. Safrudin MSi, melalui Kepala BKD Kota Pagaralam Imam Pasli SSTP, MSi mengungkapkan, sebanyak 272 pejabat eselon yang dirolling, sudah disetujui berdasarkan keputusan Walikota Pagaralam dan ditandatangani mengenai pemberhentian dan pengangkatan pejabat struktural di lingkungan Pemkot Pagaralam.

Disebutkan Imam, dari sebanyak 272 pejabat struktrural yang dilantik, untuk Eselon II sebanyak 3 orang, Eselon III sebanyak 25 orang dan sisanya sebanyak 264 orang untuk Eselon IV.

“Jabatan yang diberikan merupakan sebuah penilaian dan kepercayaan berdasar kompetensi, pengalaman dan pendidikan yang dimiliki seorang aparatur negara. Meskipun hanya rolling promosi antar dua posisi jabatan saja, hendaknya Satker-Satker nantinya dapat menjalankan tugas dengan serius, sehingga roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik,” katanya.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster