Sosialisasi Bidikmisi Harus Ditingkatkan

 230 total views,  2 views today

bidik-misi

PALEMBANG – Akademisi Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) Drs Yusron Masduji, M.Pd.I mengatakan program Beasiswa Pendidikan Bagi Mahasiswa Berprestasi  (Bidikmisi) membutuhkan lebih banyak sosialisasi. “Sebab sampai hari ini masih banyak mahasiswa, bahkan sejumlah guru dan sebagian akademisi yang belum mengetahui secara detail program tersebut,” ujarnya kepada Kabar Sumatera, Selasa (18/8).

Yusron menilai, program Bidikmisi sangat kurang sosialisasi sehingga akan banyak diketahui oleh banyak pihak. “Sosialisasinya masih kurang, harusnya sosialisasinya lebih ditingkatkan,” ujarya.

Akibat kurangnya sosialisasi ini, menurut Yusron, Bidikmisi belum berjalan dengan optimal. Diantaranya sejumlah perguruan tinggi dan sekolah di daerah nyaris belum banyak mengetahui program ini. “Implementasi Bidikmisi saat ini masih belum berjalan doptimal karena beberapa perguruan tinggi di daerah-daerah tertentu belum menyerap dana Bidikmisi yang telah dianggarkan dengan baik,” tegasnya.

Oleh sebab itu, Yusron menyarankan sosialisasi program agar dilaksanakan di SMA-SMA dengan menyasar murid-murid kelas XII untuk mendorong murid tak mampu berprestasi untuk meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi. Menurutnya, banyak murid SMA tak mampu yang berprestasi enggan melanjutkan pendidikan karena tak mengetahui program ini.

Sosialisasi dini di sekolah-sekolah akan membuat murid lebih mempersiapkan beberapa persyaratan yang diperlukan. Menurut dia, ada keengganan dari para mahasiswa untuk mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) karena malu sehingga mahasiswa itu tidak menerima beasiswa Bidikmisi padahal mereka berhak menerima.

 

TEKS    : AHMAD MAULANA

EDITOR   : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster