Rp 2,6 M untuk Legiun Veteran

 199 total views,  2 views today

Pengibaran bendera merah putih pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi.

Ilustrasi | Dok KS

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), tahun ini mengucurkan dana Rp 2.646.000.000. Dana itu, diberikan dana tali asih bagi 735 veteran yang ada di Sumsel, dimana masing-masing veteran itu akan mendapatkan bantuan Rp 300 ribu perbulan.

“Bantuan ini, sebagai komitmen dan perhatian pemprov terhadap para veteran. Tahun depan, dananya akan diupayakan ditambah. Meski secara aturan saya menyalahi, tetapi saya akan lakukan agar para veteran bisa menikmatinya walaupun hanya Rp 300 ribu perbulan,” kata Gubernur Sumsel, Alex Noerdin yang dibincangi disela-sela Resepsi Kenegaraan dan Ramah Tamah dengan LVRI, DHD 45, PWRI, Pepabri, Warakawuri, Paskibraka dan tokoh masyarakat Sumsel, di Griya Agung, Senin (18/8).

Pemberian bantuan tali asih kepada para pejuang sudah dilakukan Pemprov Sumsel sejak beberapa tahun lalu. Dana yang dibagikan, diharapkan mampu dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan bagi setiap veteran yang ada di Sumsel.

Hanya saja, dana tali asih itu bukan diberikan setiap bulan. Namun akan diterima pejuang tiap enam bulan sekali, sesuai dengan peraturan dan keputusan yang ditetapkan Pemprov Sumsel. “Tanpa mereka (legiun veteran), kita tak kan bisa menikmati kemerdekaan ini. Karenanya bantuan tali asih ini kami anggap sangat penting. Apapun demi kesejahteraan rakyat akan terus kami lakukan, apalagi kepada pejuang kemerdekaan RI,” jelasnya.

Menurut Alex, pemprov juga sudah sepanjang tahun ini sudah memberangkan lebih dari 500 veteran yang ada di Sumsel untuk menunaikan ibadah umroh. Itu jelasnya, dilakukan karena mengingat para veteran sudah tua dan berumur sehingga pihaknya memberikan kesempatan untuk lebih memperdalam ibadah. “Terakhir kemarin pada kloter terakhir, kami kirim sebanyak 50-an orang pejuang di Sumsel,” ujarnya.

Alex menerangkan, pemprov juga memberikan bantuan Rp 50 juta untuk setiap organisasi pejuang di Sumsel. Dana tersebut dialokasikan sebagai bantuan operasional, kepada delapan organisasi pejuang diantaranya, Persatuan Purnawirawan TNI-Angkatan Darat (PPAD) Sumsel, Persatuan Istri Purnawirawan (Perip) TNI dan Polri Sumsel, Keluarga Besar Wirawati Catur Panca Wanita Pejuang 45.

Kemudian Dewan Pimpinan Daerah Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri Sumsel, Badan Pimpinan Daerah Korps Cacat Veteran RI Sumsel, Persatuan Istri Veteran RI (Piveri) Sumsel, Dewan Pimpinan Daerah Legiun Veteran RI (LVRI) Provinsi Sumsel, dan Dewan Harian Daerah Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumsel.

 

TEKS           : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster