Pemondokan Haji Sumsel Berada Jauh dari Masjidil Haram

 273 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Meskipun Calon Jemaah Haji (CJH) asal Sumsel baru akan berangkat pada 2 September mendatang, namun Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Sumsel, sudah menyiapkan lokasi pemondokan untuk CJH tersebut.

Untuk CJH yang berasal dari Sumsel, Kanwil Kemenag Sumsel juga sudah mengantispasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait, untuk pemondokan CJH yang jaraknya sekitar 1000 hingga 4000 meter dari Masjidil Haram. Hal itu diungkapkan Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumsel, Udin Djuhan.

“Lokasi Pemondokan CJH ada di beberapa wilayah di Mekkah. Pemondokan untuk CJH sendiri ada di wilayah Mahbas Jin, Syisah, Raudhah, Mispalah, Jarwal, dan Aziziah. Satu pemondokan tersebut, untuk dua kelompok terbang (kloter),” kata Udin Djuhan, kemarin.

Diterangkannya, lokasi pemondokan CJH Sumsel terbilang cukup jauh hingga mencapai 4000 meter. Untuk itu nantinya akan disediakan transportasi berupa bus untuk mengantarkan CJH dari lokasi pemondokan ke Masjidil Haram.

“Sudah di antisipasi dengan menyiapkan bus. Sedangkan untuk masalah kesehatan, seblumnya sudah pula berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan. Dan tak lupa kita sudah pula mensosialisasikannya ke CJH,” ujarnya.

Diterangkannya, saat ini baru 12 kloter yang mendapatkan maktab untuk pemondokan. Sementara kloter 13 belum ada dan akan segera menyusul. “Kloter 1 di Masbahjin, kloter 2 di Syisah, kloter 3 di Raudhah, kloter 4 Misfalah, kloter 5 Syisah, kloter 6 di Jarwal, kloter 7 di Aziziah, kloter 8 di Mispalah, kloter 9 di Mahbas Jin, kloter 10 di Syisah, kloter 11 di Jarwal, dan kloter 13 di Aziziah,”  bebernya.

Untuk CJH kloter pertama yang akan berangkat pada 2 September, mereka terlebih dahulu wajib masuk ke asrama haji pada 1 September. Untuk CJH yang masuk asrama, waktunya sudah diatur.

“Untuk CJH Kloter pertama yang akan berangkat pada 2 September, akan masuk asrama haji pukul 14.00 WIB dan berangkat besoknya tanggal 02 September pukul 13.35 WIB dan untuk kloter dua CJH masuk asrama haji tanggal 02 September pukul 17.00 WIB dan berangkat tanggal 03 September pukul 17.35 WIB,” terangnya.

Menurutnya, beberapa hari sebelum keberangkatan, jemaah akan menerima koper dan tas tangan masing-masing satu buah setiap jemaah. “Seperti tahun sebelumnya, berat bawaan jemaah dilarang melebihi batas yang sudah ditentukan. Beratnya 32 Kg untuk tas besar dan tas tangan 7,5 Kg . Tidak boleh lebih dari ini,” tukasnya.

 

TEKS         :  IMAM MAHFUZ

EDITOR         :  DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster