12 Napi di OI Dapat Remisi Bebas

 222 total views,  2 views today

Bupati OI, Mawardi Yahya saat memberikan bingkisan kepada napi yang bebas

Bupati OI, Mawardi Yahya saat memberikan bingkisan kepada napi yang bebas

INDERALAYA  – Sebanyak 12 Nara Pidana (Napi), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir (OI), mendapat remisi bebas dan 477 orang napi mendapat pengurangan hukuman (remisi).

Pemberian remisi tersebut sesuai dengan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sumsel tentang pemberian remisi umum tanggal 17 Agustus 2014.

Bupati Ogan Ilir, H Mawardi Yahya memberikan bingkisan dan sejumlah uang kepada 12 narapidana yang mendapat remisi bebas, sebagai bekal setelah kembali ke masyarakat. Kemudian Kepala Lapas Tanjung Raja, Riyanto BCIP SH juga memberikan cindera mata kepada Bupati OI sebagai bentuk ucapan terimakasih kepada pemerintah setempat atas kepedulian warga binaan di Lapas tersebut.

Bupati mengatakan, pihaknya telah mengalokasikan dana senilai Rp 150 juta untuk pembuatan toilet dan penambahan sumur bor bagi kenyamanan para penghuni Lapas kelas II A Tanjung Raja.

“Kita sebagai aparat pemerintah daerah mempunyai kewajiban untuk membantu semua pihak, tidak terkecuali bagi Lapas Tanjung Raja, mudah-mudahan semua ini dapat bermanfaat penghuni lapas,” ujarnya, saat mengunjungi Lapas, kemarin.

Menurut Bupati, remisi merupakan instrumen yang dapat mendorong narapidana untuk berprilaku baik selama menjalani hukuman. Karena remisi hanya akan diberikan kepada napi yang baik pula.

“Mereka yang melakukan pelanggaran peraturan tata tertib tidak akan mendapatkan remisi. Manfaat lanjutan dari pemberian remisi adalah dapat mengurangi tingkat hunian Lapas yang semakin tinggi,” paparnya.

Remisi akan mempercepat seseorang napi untuk keluar dari Lapas/Rutan sehingga populasinya akan semakin berkurang. Remisi bukanlah suatu bentuk kemudahan bagi warga binaan untuk dapat cepat bebas, tapi merupakan suatu sarana untuk meningkatkan kualitas diri sekaligus memotivasi sehingga dapat mendorong napi kembali memilih jalan yang benar.

Sementara itu, Kalapas Tanjung Raja Riyanto BCIP SH mengatakan, saat ini jumlah penghuni Lapas ini mencapai 698 orang. Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2014 ini, penghuni lapas yang mendapat remisi umum berjumlah 477 orang dn 12 napi yang mendapat remisi bebas.

 

Teks : Junaedi Abdillah

EDITOR: SARONO P SASMITO 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster