Dewan Anggap SP2J Ingkar Janji

 296 total views,  2 views today

Ilustrasi Bus Trans Musi | Dok KS

Ilustrasi Bus Trans Musi | Dok KS

PALEMBANG – Pemecatan terhadap dua karyawan Transmusi yang dilakukan PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J), sebagai buntut dari aksi karyawan perusahaan tersebut beberapa waktu lalu membuat anggota DPRD Palembang, berang.

Ketua Komisi V DPRD Kota Palembang,  Safran Saropi menuding PT SP2J sudah ingkar janji. Karena kata Safran, pada 21 Juli lalu, PT SP2J sudah berjanji tidak akan memecat karyawannya terkait dengan aksi yang dilakukan sopir dan pramugara Transmusi tersebut.

“Pemecatan itu, menyalahi aturan. Itu tidak benar, karena apabila ingin memecat harus melalui proses mekanisme yang sudah ditetapkan, seperti adanya surat teguran atau surat peringatan pertama, kedua dan seterusnya. Senin (18/8), kami akan memanggil Dirut PT SP2J, Sekda dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker),” jelas Safran saat mendengarkan keluhan yang disampaikan kedua karyawan Transmusi yang dipecat PT SP2J, Jumat (15/8).

Safran menyebutkan, kedua karyawan yang dipecat tersebut berstatus sebagai sopir. Dari pengakuan keduanya jelas Safran, kedua orang tersebut dipecat tanpa ada peringatan terlebih dahulu.

“Mereka mengaku tidak ada pemberitahuan,  tiba-tiba mereka menerima surat pemecatan. Itu pengakuan mereka, tapi kita akan dengarkan juga pengakuan dari manajemen PT SP2J, Senin nanti,” ulasnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi II, Fathurahman menambahkan, PT SP2J sudah melakukan kecerobohan. Karena sebutnya, PT SP2J berjanji tidak akan memecat karyawan terkait aksi karyawannya. “Alasan mereka tidak bisa dibenarkan, karena kesepakatan antara DPRD Palembang dan Managemen PT SP2J 21 Juli lalu, tidak ada pemecatan karyawan,” ujarnya.

Menurut Fathurahman, dewan akan mengkaji kembali terkait tindakan yang diambil manajemen PT SP2J atas pemecatan itu. Pemkot Palembang menurut politisi Partai Demokrat ini, wajib mengambil tindakan atas masalah tersebut. “Ini sudah menjadi kewajiban Pemkot Palembang. Jangan hanya diam, ini harus segera diselesaikan, jangan berlarut-larut,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster