Kesadaran Tertib Berlalu Lintas Minim

 262 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

EMPAT LAWANG – Kesadaran tertib lalulintas pengguna kendaraan bermotor di Empat Lawang, tergolong minim. Hal ini terbukti, dengan masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kabupaten Empat Lawang.

“Banyak pengendara kendaraan terutama pengendara sepeda motor, yang kesannya menyepelehkan aturan berkendaraan,” kata Kepala Kepolisian Resort (Polres) Empat Lawang, AKBP M Ridwan melalui Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas), AKP Marully yang dibincangi disela-sela  razia rutin kendaraan bermotor, Kamis (14/8).

Hal sepele itu sebut Marully, misalnya saja keengganan masyarakat Empat Lawang dalam menggunakan helm. Padahal helm itu jelasnya, besar manfaatnya jika terjadi benturan. Apalagi saat terjatuh maupun bertabrakan, dengan kendaraan lain. “Kalau tidak memakai helm bisa buat gagar otak, hingga dirawat di rumah sakit bahkan bisa meninggal dunia,” jelasnya.

Ditambahkan Marully, selain malas menggunakan helm, permasalahan lainnya masyarakat enggan menggunakan kaca spion. Memang ungkap Marully, kaca spion kesannya hal yang kecil tetapi itu memiliki fungsi yang besar yakni melihat kondisi kendaraan yang ada dibelakang.

Pengendara kendaraan juga sambungnya, banyak yang tidak membawa surat-surat kendaraan seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), saat mengendarai kendarannya di jalan raya.  “Ini menjadi pekerjaan rumah kita,  untuk menyadarkan masyarakat pentingnya taat akan aturan berlalu lintas,” ujarnya.

Untuk mewujudkan tertib berlalu lintas tersebut, Satlantas Polres Empat Lawang terus mensosialisasikan berbagai aturan berlalu lintas. Selain dengan menggunakan upaya persuasif,  juga dilakukan tindakan preventif dengan memberikan surat tilang bagi pengendara kendaraan yang melanggar aturan

“Kita akan gencar melakukan razia, razia yang kita lakukan ini guna memotivasi masyarakat agar mereka sadar pentingnya tertib lalu lintas. Semua hukum sama, mau PNS ataupun lainnya, kalau salah ya kita tilang,” tukasnya.

 

TEKS         : SAUKANI

EDITOR        : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster