Momentum Guru Menuju Profesionalisme

 267 total views,  2 views today

Ilustrasi Guru | Ist

Ilustrasi Guru | Ist

PALI – Guru adalah asset berharga milik bangsa. Ditangan para gurulah, pendidikan anak bangsa diserahkan. Untuk itu sudah selayaknya bagi seluruh elemen masyarakat untuk menjaga dan melindungi profesionalisme para guru. Sehingga tidak dijadikan alat oleh kepentingan-kepentingan tertentu seperti kepentingan politis dan lain-lain.

Demikian disarikan dari perbincangan wartawan dengan Drs Amin MM, kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten PALI di ruang kerjanya, Talang Ubi.

“Bangsa-bangsa telah membuktikan bahwa negara mereka bisa maju, modern dan sejahtera adalah bangsa yang memiliki sistem dan praktek pendidikan yang berkualitas. Sistem dan praktek pendidikan yang berkualitas, hanya akan lahir apabila terdapat guru yang Professional, berkompetensi dan kesejahteraannya terpenuhi. Ini kunci utama kemajuan pendidikan,” ujarnya.

Menurut alumni Universitas Sriwijaya ini, dengan peringatan HUT RI ke-69 ini merupakan momentum yang tepat untuk melakukan refleksi dan proyeksi atas perjalanan historis profesi guru Indonesia. Bagi Amin, Pemerintah menyadari bahwa, tidak  mudah mendapatkan guru yang professional.

Ketidakcermatan dalam proses rekrutmen calon guru, proses penyiapan calon guru dijenjang pendidikan pra jabatan (Free Service Training) hingga proses Rekrutment, Penempatan, Pelatihan dalam jabatan (Inservice Training) dan Proses Supervisi kinerja guru, merupakan siklus yang perlu sungguh-sungguh dibenahi secara berkelanjutan (Sustainable Improvement) jelasnya.

“Guru adalah milik bangsa, sehingga semua anggota mempunyai kewajiban moral untuk menjaga Independen untuk hanya mengabdi kepada kepentingan bangsa. Dengan peringatan HUT KEMERDEKAAN ini jadikanlah momentum bagi saudara-saudara guru untuk menjadikan pendidikan sebagai pilar utama dalam mencapai kemajuan dan kejayaan bangsa,” tambahnya.

Lanjut Amin, eksistensi profesi guru dan PGRI sangat dinantikan dedikasinya untuk menjadi mitra pemerintah guna bersama-sama meningkatkan kemampuan professional guru dan kesejahteraan guru. PGRI Kabupaten PALI diharapkan lebih mampu memotivasi, mempasilitasi dan memberikan Advokasi kepada para guru supaya lebih professional. PGRI harus lebih fokus kepada kinerja profesi guru dan tidak terkooftasi oleh salah satu kekuatan politik tertentu.

“Karenanya guru harus professional, agar terbebas dari segala bentuk kepentingan maupun tekanan,” tukasnya.

 

TEKS   : INDRA SETIA HARIS

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster