Ada Ladang Ganja di Empat Lawang

 354 total views,  2 views today

Petugas saat Mengamankan Ladang Ganja Di Empat Lawang | Dok KS

Petugas saat Mengamankan Ladang Ganja Di Empat Lawang | Dok KS

EMPAT LAWANG – Setelah, Selasa (12/8), Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palembang menggagalkan peredaran ganja sebanyak setengah ton dari Aceh, kali ini giliran Kepolisian Resort (Polres) Empat Lawang yang menguak adanya peredaran ganja di kabupaten tersebut.

Kemarin, Polres Empat Lawang menemukan ada ladang ganja di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati tersebut. Informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, ladang ganja seluas dua hektar itu ditemukan di areal perkebunan Talang Kemumu, Desa Lubuk Gelanggang, Kecamatan Tebing Tinggi.

Untuk menuju ke lokasi ladang ganja ini, cukup sulit. Karena berada di perbukitan dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama empat jam. Ditemukannya ladang ganja itu, adalah pengembangan kasus dan informasi yang didapatkan Polres Empat Lawang dari masyarakat.

Informasi ini ditindaklanjuti dengan melakukan penyisiran. Selasa (12/8) sekitar pukul 11.30 WIB, petugas pun menyisir kawasan tersebut dipimpin Kepala Satuan (Kasat) Narkoba, AKP Darmawan didampingi KBO Satnarkoba, Ipda Romi.

Hasilnya, tidak sia-sia. Dari ladang seluas dua hektar ini ditemukan 511 batang ganja siap panen dan 316 tunggul bekas ganja, yang baru dipanen di dua lokasi berdampingan. “Penemuan ladang ganja ini, pengembangan dari kasus lama dengan tersangka JF dkk yang sudah di vonis enam tahun penjara oleh pengadilan karena memiliki lima kilogram (kg) ganja kering,” kata Kepala Polres Empat Lawang, AKBP M Ridwan melalui Kasat Narkoba, AKP Darmawan, Rabu (13/8).

Senin (11/8) jelas Darmawan, petugas berhasil membekuk RX, rekan JF. RX diketahui adalah salah satu bandar narkoba di Empat Lawang. Ia diamankan di rumahnya di Kecamatan Tebing Tinggi.

RX bernyayi kalau selama ini, ia mendapatkan daun setan tersebut dari IR (DPO). IR disebut memiliki kebun ganja seluas dua hektar di Talang Kemumu, Desa Lubuk Gelanggang. “Keterangan RX itu langsung kita tindaklanjuti, dengan menurunkan tim ke lokasi. Ternyata benar, disana ada ladang ganja yang siap panen bahkan sebagian sudah panen,” jelas Darmawan.

Agar usahanya itu tidak diketahui, IR menanam daun setan tersebut dengan cara tumpang sari ke tanaman kopi.  “Kita sempat mendapatkan ancaman dari IR dan kawanannya,  mereka sempat menembaki kita dengan senjata api (senpi) beberapakali, namun karena jaraknya jauh tidak membahayakan petugas,” bebernya.

“Kita sempat kejar mereka, namun mereka sepertinya berlari ke hutan belantara. Saat turun, merekapun berusaha menghalau dengan tembahakan ke petugas. Kita kejar lagi, mereka kembali kabur ke hutan,” ungkapnya.

Dari ladang tersebut, petugas mengamankan sekitar 100 batang ganja untuk dijadikan barang bukti (BB). Sisanya sekitar 727 batang ganja langsung dibasmi.  “Kita sudah mengantongi indentitas mereka. Kita himbau mereka, untuk segera menyerahkan diri. Jangan salahkan kami, jika bertindak tegas,” tukasnya.

 

TEKS         : SAUKANI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster