Penumpang Speedboat Tenggelam, 9 Ditemukan 4 Masih Hilang

 503 total views,  2 views today

Salah satu jenazah dari sembilan jenazah korban speedboat yang tenggelam diperairan Bangka saat dibawa di kamar mayat RS Bhayangkara Palembang. | Foto Oscar Ryzal

Salah satu jenazah dari sembilan jenazah korban speedboat yang tenggelam diperairan Bangka saat dibawa di kamar mayat RS Bhayangkara Palembang. | Foto Oscar Ryzal

PALEMBANG – Setelah hilang tenggelam beberapa hari, sembilan penumpang speedboat maut asal Sungai Lumpur, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), yang tenggelam Selasa (5/8) lalu di Perairan Bangka, akhirnya ditemukan semuanya tak lagi bernyawa.

Jenazah kesembilan penumpang speedboat tersebut, kemarin dibawa ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Sumsel, guna dilakukan identivikasi. Hal tersebut lantaran saat ditemukan, tidak ditemukan identitas pada tubuh korban.

Informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, sembilan penumpang malang ini ditemukan, Sabtu (9/8) sore di dua lokasi berbeda yakni di wilayah perairan Tanjung Tapa dan Tanjung Selokan, atau sekitar 40 mil dari tempat kejadian.

“Mereka kita temukan dalam kondisi mengapung di dua tempat. Awalnya kita temukan korban di perairan Tanjung Tapa, sebanyak tujuh korban. Saat mau menuju ke Palembang, anggota bersama nelayan kembali menemukan dua korban lainnya di perairan Tanjung Selokan,” kata Humas Badan SAR Nasional (Basarnas) Palembang, Topan, Minggu (10/8).

Menurut Topan, saat ini Basarnas masih mencari empat korban lainnya yang belum ditemukan.  “Kita akan terus melakukan pencarian, kami berencana melakukan pencarian dengan rentang waktu tujuh dari waktu kejadian,” jelasnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Djarod Padakova menyebut, sembilan penumpang speedboad maut yang berhasil ditemukan itu, saat ini sudah berada di kamar mayat RS Bhayangkara Polda Sumsel.

“Saat ini sembilam mayat masih dalam proses identifikasi, guna mengetahui identitasnya. Dari laporan sementara, sembilan korban yang ditemukan itu empat diantaranya berjenis kelamin wanita dan sisanya lima korban laki-laki,” terang Djarod.

Djarod mengimbau bagi keluarga yang anggota keluarganya belum ditemukan bisa melihat langsung ke RS Bhayangkara Polda Sumsel untuk melihat korban langsung.

Sebagai informasi, diberitakan Kabar Sumatera sebelumnya, speedboat asal Sungai Lumpur, Kecamatan Cengal, Kabupaten OKI, Selasa (5/8) siang, tenggelam di perairan Bangka. Saat kejadian speedboat tersebut membawa 32 penumpang.

Speedboat tersebut tenggelam, diduga karena diterjang gelombang ombak yang besar.

Informasi dihimpun, kejadian berawal  saat salah satu kernet speedboat tersebut yakni Andes, yang tak lain anak kandung oleh Zainal, si pengemudi speedboat terjatuh ke laut saat speedboat berjalan.

Merasa anaknya jatuh ke laut, Zainal berusaha untuk menolong. Niat untuk menolong Andes, akhirnya menjadi petaka dengan datangnya gelombang yang menghantam speedboat itu hingga tenggelam  di laut bersama puluhan penumpang lainnya.

Ada beberapa penumpang hilang dan tenggelam, diantaranya Johanda, (anak-anak), kemudian Musrianto (anak-anak), Nurul (perempuan) ,Juminten (perempuan), selanjutnya Tanja, Royanto, Rendi Wijayanto dan Slamet.

 

TEKS        : OSCAR RYZAL

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster