Baru 4 Bulan Diresmikan Kran Air Siap Minum di Kambang Iwak Sudah Rusak

 516 total views,  2 views today

Seorang warga memanfaatkan Kran Air Siap Minum (KASM) milik PDAM Tirta Musi Palembang di Taman Kambang Iwak,beberapa waktu lalu. Kini fasilitas gratis yang di fungsikan 4 sejak bulan lalu ini,sudah tidak bisa difungsikan lagi. | Foto : Bagus Kurniawan

Seorang warga memanfaatkan Kran Air Siap Minum (KASM) milik PDAM Tirta Musi Palembang di Taman Kambang Iwak,beberapa waktu lalu. Kini fasilitas gratis yang di fungsikan 4 sejak bulan lalu ini,sudah tidak bisa difungsikan lagi. | Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Kesadaran masyarakat Palembang, untuk menjaga fasilitas publik terbilang rendah. Buktinya, sejumlah fasilitas publik mulai dari lampu hias dan lainnya banyak yang dicuri. Terakhir, Kran Air Siap Minum (KASM) milik PDAM Tirta Musi Palembang, juga sudah tidak bisa difungsikan lagi. Padahal KSAM itu, baru diresmikan oleh Wali Kota Palembang, Romi Herton empat bulan lalu, tepatnya 19 April 2014.

Di Palembang sendiri, ada lima KSAM yakni dua unit di Kambang Iwak, satu unit di Kantor Wali Kota Palembang, satu unit di Benteng Kuto Besak (BKB) dan satu unit di RSUD Bari. Pantauan Kabar Sumatera, Minggu (10/8),  salah satu KSAM yang tidak lagi berfungsi tersebut ada di kawasan Kambang Iwak.

Direktur Operasional PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya yang dibincangi, kemarin membenarkan hal tersebut. Menurutnya, saat ini KSAM di kawasan Kambang Iwak, sudah tidak lagi berfungsi.

Hal itu sebut Andi disebabkan, tombol untuk mengalirkan air bersih pada KASM, hilang dan dirusak. Sehingga untuk sementara waktu distop distribusinya. “Saat ini belum bisa kami perbaiki, dikarenakan. Suku cadangnya susah didapat,” kata Andi.

Namun janji Andi, KSAM itu akan diperbaiki. Pihaknya sebut Andi, akan mencari solusi terbaik untuk mengatasi persoalan ini. Untuk sementara masyarakat yang biasa menggunakan fasilitas publik itu jelas Andi, harus bersabar menunggu difungsikannya kembali KSAM. “Kami segera carikan solusinya, itu ulah tangan jahil yang tidak bertanggungjawab,”ulasnya.

Sebelumnya, Dirut PDAM Tirta Musi, Cik Mit mengatakan, KASM itu dipasang, untuk mengedukasi masyarakat tentang KASM, seperti yang sudah banyak dilakukan di negara-negara maju. KSAM juga difungsikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, agar peduli lingkungan dengan mengurangi penggunaan air minum dalam kemasan plastik.

“KASM merupakan air bersih dan sehat serta siap konsumsi yang telah melalui proses sterilisasi, remineralisasi dan bio ceramic hexagonal water. Sehingga air yang dihasilkan benar-benar bersih, mudah diserap dan berkualitas tinggi untuk menjamin kelancaran metabolisme tubuh,”katanya.

Sementara untuk proses pemeliharaan dan perawatannya terang Cik Mit, dilakukan oleh PDAM. “Untuk pemeliharaan dan perawatan KASM itu, sepenuhnya ditanggung oleh PDAM Tirta Musi Palembang, perawatan akan dilakukan baik harian, mingguan dan bulanan,” tukasnya.

 

TEKS        : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster