Serahkan Senjata Api Ilegal, Warga Dideadline Sampai 15 Agustus

 353 total views,  2 views today

Ilustrasi Senjata Api | Dok KS

Ilustrasi Senjata Api | Dok KS

BANYUASIN – Bukan rahasia umum, walaupun senjata api (senpi) dilarang disimpan oleh warga sipil namun banyak warga yang diam-diam memiliki senpi terutama senpi rakitan. Berbagai tindakan kejahatan menggunakan senpi pun kini di Indonesia dan Sumsel, marak terjadi.

Karenanya warga dideadline untuk menyerahkan senpi yang dimiliki oleh mereka, secara  ilegal tersebut paling lambat 15 Agustus mendatang. Jika tidak, maka warga yang memiliki senpi ilegal ini, akan terkena sanksi hukum.

“Kami menghimbau semua warga yang memiliki senpi ilegal, khususnya di Kecamatan Betung untuk menyerahkan senpi tersebut paling lambat 15 Agustus mendatang melalui lurah atau kepala desa masing-masing,” kata Komandan Koramil 401-09 Betung, Kapten M Yamin ketika dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (8/8).

Ia menyebut, sudah mengintruksikan kepada seluruh anggotanya dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Kecamatan Betung, untuk menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat melalui kepala desa maupun lurah.

Instruksi ini terang Yamin, merupakan tindaklanjut dari pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) . Menurutnya, bagi warga yang mau menyerahkan senpi sebelum limit waktu yang ditetapkan, yang bersangkutan mendapat jaminan bebas atau tanpa sanksi hukum.

Namun jika sudah lewat waktu yang ditetapkan, siapapun pemiliknya barang itu akan dikenakan sanksi hukum dan sanksinya mengikat serta tidak bisa ditawar. Tujuan untuk penyerahan senpi tersebut, tegas Kapten Yamin, agar masyarakat bisa hidup berdampingan yang lebih aman, damai dan kompak serta bisa sejahtera.

“Ini instruksi presiden, artinya semua pihak berwajib harus menjalankan instruksi itu. Karenaya kita minta kesadaran warga, untuk menyerahkan senpi ilegal milik mereka tersebut,” tukasnya.

 

TEKS         : DIDING KARNADI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster