Air Terjun Berdegung Hanya Ramai Saat Hari Libur

 1,468 total views,  2 views today

Suasana Objek Wisata Air Terjun Bedegum saat Hari Libur | Dok KS

Suasana Objek Wisata Air Terjun Bedegum saat Hari Libur | Dok KS

MUARAENIM – Obyek Wisata Air Terjun Bedegung Kecamatan Tanjung Agung, salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Muaraenim. Sayangnya objek wisata ini, belum terlalu dimaksimalkan oleh Pemkab Muaraenim.

Objek wisata tersebut, hanya dikenal oleh wisatawan lokal. Sehingga saat hari libur, objek wisata selalu dipadati pengunjung sementara di hari-hari lain sepi dari pengunjung.

ramai di kunjungi warga pada saat hari libur saja. Sedangkan pada hari-hari biasa masih sepi dari kunjungan wisatawan lokal yang ingin berlibur di obyek wisata andalan Kabupaten Muaraenim itu.

Kondisi itu tentunya, berimbas kepada masyarakat yang mencoba mengais rezeki di objek wisata ini. Pedagang yang membuka lapak di wisata alam tersebut, hanya berdagang disaat hari libur saja, seperti Sabtu dan Minggu.

“Hanya Sabtu dan Minggu, yang ramai sehingga kami bisa berdagang. Kalau hari lain, sepi sehingga mau tidak mau harus cari pekerjaan lain, untuk bertahan hidup. Kalau saya, biasanya bertani,” ungkap Aini (40), salah satu pedagang di kawasan objek wisata Air Terjun Bedegung ketika dibincangi, Sabtu (8/8).

Menurutnya, penghasilan para pedagang saat ini dirasakan berkurang. Hal itu menurutnya, karena pengunjung yang datang sudah membawa bekal sendiri. Padahal jumlah pedagang cukup banyak, sekitar puluhan orang.

Para pedagang itu, semuanya berasal dari masyarakat sekitar obyek wisata tersebut. “Kita disini jualan makanan ringan dan minuman, seperti pop mei, kacang kulit,minuman teh dan yang lainnya. Kami juga meyewakan celana untuk basahan,” ucap Aini.

Senada diungkapkan pedagang lain, Siti (35). Menurutnya, untuk menambah pemasukan keluarga, ia membantu suaminya dengan berdagang di Air Terjun Bedegung. Ia mengaku sudah cukup lama menekuni usaha tersebut, namun omset usahanya tidak juga naik.  “Biasanya baru dapat untung lumayan, saat momen tertentu. Misalnya, saat Idul Fitri, tahun baru dan hari libur lainnya. Kalau hari-hari  biasa, pengunjungnya sepi,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang karyawan UPTD Obyek Wisata Air Terjun Bedegung, Riswan mengaku, untuk menarik pengunjung yang datang, pihak pengelola sudah menempuh berbagai cara.

Mulai dari menggelar hiburan gratis, menawarkan wahana arung jeram dan juga kolam pemancingan. Untuk memberikan kenyamanan pengunjung, pihak UPTD juga telah menjaga kebersihan kawasan wisata.

“Antisipasi sampah yang membludak, kita siapkan 43 petugas kebersihan, dan mobil sampah ada empat unit. Kami selalu melibatkan warga sekitar untuk ikut menjaga keamanan kawasan wisata ini,” tukasnya.

 

TEKS        : SISWANTO

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster