KPU Lubuklinggau Terancam Dipecat

 215 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Lima komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lubuklinggau, terancam dipecat dari jabatannya. Pasalnya, kelima komisioner tersebut saat ini, sudah ditetapkan sebagai tersangka dan berkas perkaranya sudah masuk ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuklinggau oleh Polres Lubuklinggau.

Kelima komisioner tersebut, sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Lubuklinggau terkait dalam dugaan penggelembungan suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) lalu.

“KPU Sumsel dalam waktu dekat, akan mengambilalih tugas KPU Lubuklinggau dan mempersiapkan sesegera mungkin pengganti komisioner tersebut.  Karena jika mereka dinyatakan bersalah, tidak mungkin kita biarkan komisioner tersebut kosong,” kata Sekretaris KPU Sumsel, M Daud ketika dibincangi, Kamis (7/8).

Untuk penggantian komisioner KPU Lubuklinggau tersebut, akan dilakukan dengan cara penggantian antar waktu (PAW) dari calon komisioner KPU Lubuklinggau hasil seleksi sebelumnya.  “Calon komisioner dari rangking dibawahnya, akan menggantikan. Tetapi itu baru akan dilakukan, jika mereka sudah terbukti dinyatakan pengadilan bersalah,” tegas Daud.

Terpisah, Wakil Kepala Polres Lubuklinggau, Kompol Surya Dani ketika dihubungi melalui ponselnya membenarkan saat ini berkas kelima Komisioner KPU Lubuklinggau tersebut sudah dilimpahkan ke Kejari.

“Berkas perkaranya, sudah dilimpahkan ke Kejari namun kelima komisioner tersebut tidak ditahan. Nantinya Kejari akan melimpahkan ke pengadilan. Sehingga dengan kata lain, tanggungjawab kepolisian sudah selesai,” tukasnya.

 

TEKS          : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR        : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster