SDN 4 Puri Banyuasin Memprihatinkan

 302 total views,  2 views today

pendidikan

BANYUASIN – Kondisi Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Pulau Rimau (Puri) di Desa Nunggalsari Primer I, Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin, Sumsel kian hari kian memprihatinkan.

Pantauan Kabar Sumatera, Rabu (6/8), kondisi ruang belajar di sekolah tersebut terlihat tidak terawat.  Dinding ruangan terlihat kotor begitu juga dengan lantai, yang penuh dengan debu sehingga saat ini para siswa banyak terserang penyakit pernafasan dan sakit mata.

Sri, salah satu siswi di sekolah itu sepulang sekolah mengaku ruang belajar di sekolahnya tidak nyaman lagi untuk digunakan sebagai tempat belajar. “Selain gedungnya rusak, kondisi ruang belajarnya sangat kotor sekali. Sehingga hampir semua siswa yang belajar di ruangnya tersebut, terserangan berbagai penyakit seperti batuk-pilek juga banyak sakit mata” terangnya.

Menurutnya di sekolahnya ada tiga ruang belajar yang kondisinya memprihatinkan atau tidak layak sebagai ruang belajar. ” Bagaimana kami bisa sehat dan pintar kalau kondisi rubel kotor. Akibat sering tidak masuk sekolah karena sakit jelas kami teringgal materi pelajaran,” tambahnya.

Lebih lanjut kata siswi kelas VI ini, mengharap kepada dinas pendidikan merealisasikan usulan kepala sekolahnya untuk melakukan perbaikan atau di renovasi ruang atau direhab total apalagi kami mau ujian akhir.

Kepala Desa Nunggalsari, Sadimun saat dihubungi membenarkan kondisi ruang belajar di SD di desanya memang memprihatinkan dan tidak layak lagi sebagai tempat belajar. Kondisi itu sangat disayangkannya.

Harusnya terang dia, agar siswa nyaman belajar kondisi ruang kelas harus baik dan sehat. Karenanya ia berharap Dinas Pendidikan (Disdik) Banyuasin, segera memperbaiki fasilitas di sekolah tersebut. “Jika Diknas tidak ada dananya, kami masyarakat siap membangun gedung sekolah itu,” tukasnya.

 

TEKS          : DIDING KARNADI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster