Kecamatan Sumbang 40 Ton Sampah

 347 total views,  2 views today

Aktivitas Pengolahan Sampah di TPA

Aktivitas Pengolahan Sampah di TPA | Dok KS

PALEMBANG – Berdasarkan catatan Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang, 16 kecamatan yang ada di metropolis, selama libur Idul Fitri 1435 Hijriah, menyumpangkan sampah rata-rata sebanyak 40 ton perhari.

Sekretaris DKK Palembang, Mahbuk mengatakan, peningkatan sampah tersebut sudah terjadi sejak H-2 Idul Fitri hingga H+6, dengan didominasi sampah kering, seperti bekas botol minuman, snack dan lainnya.

“Yah rata-rata menyumbangkan 40 ton setiap kecamatan, dan kecamatan yang paling tinggi menghasilkan sampah adalah Kecamatan Ilir Barat (IB) I, Ilir Timur (IT) I, dan Bukit,” kata Mahbuk saat dihubungi, kemarin.

Menurut Mahbuk, sampah yang berhasil diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) selama libur Idul Fitri ini, lebih kurang 650 ton. Katanya, pengakutan sampah dilakukan dalam tiga trif. “Pengangkutannya, pagi sekitar pukul 06.00 WIB, siang sekitar pukul 14.00 WIB dan malam hari sekitar pukul 20.00 WIB,” bebernya.

Sambung Mahbuk, dari 16 kecamatan tersebut, penyumbang sampah paling tinggi adalah tempat wisata seperti pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), tempat rekreaksi, dan lainnya. “Selain itu sampah dari mal, juga cukup tinggi. Peningkatannya mencapai 50 persen dari hari biasa,” terangnya.

Mahbuk mengaku, meningkatnya jumlah sampah dari tempat wisata, rekreasi maupun mall itu, karena banyaknya masyarakat luar Kota Palembang yang datang. “Tempat rekresi di Palembang cukup banyak, begitu juga mal. Kebanyakan kabupaten tetangga seperi Banyuasin, Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ilir (OKI) dan lainnya datang ke Palembang untuk sekedar menghabiskan waktu libur ke mal-mal dan tempat lainnya,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster