Terkait ISIS, Kemenag Bakal Kumpulkan Tokoh Agama

 275 total views,  2 views today

Ilustrasi Militan ISIS | Foto : The Guardian

Ilustrasi Militan ISIS | Foto : The Guardian

PALEMBANG – Ideologi yang diusung kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah, alias Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang belakangan berkembang di Indonesia banyak mendapatkan tanggapan dari berbagai pihak tak terkecuali dari Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumsel.

Kepala Kemenag Sumsel, Hambali mengatakan, terkait merebaknya isu mengenai ISIS tersebut pihaknya akan segera melakukan sosialisasi melalui tokoh-tokoh agama yang ada di semua Kabupaten/Kota di Sumsel. Untuk menghindari adanya masyarakat yang terseret menjadi anggota ISIS.

“Kami rencanakan akan memanggil tokoh agama guna melakukan pembicaraan ISIS, dengan terjun langsung di kabupaten/kota. Kami untuk sementara ini memastikan Palembang aman. Namun di daerah tidak aman untuk perkembangan ISIS,” terangnya di ruang kerjanya, Selasa (5/6).

Dirinya juga meminta pihak kepolisian untuk melakukan penindakan terkait hal ini. Pihaknya sepakat dengan apa yang telah ditetapkan oleh Kementerian agama pusat yang menyatakan ISIS merupakan organisasi radikal yang menyimpang dari agama Islam. Pasalnya, dalam perekrutan anggota, ISIS menghalalkan segala cara.

“Kami sepakat dengan Kemenag pusat, yang menyatakan ISIS yang berpusat di irak, berpaham radikal menyimpang dengan agama. Organisasi ISIS, bajunya saja  islam, tapi isinya bertentangan dengan umat Islam. Sistem apapun akan digunakan untuk mecari anggota. Sehingga masyarakat mudah terpengaruh,” tegasnya.

Menurutnya, Sumsel masih aman dari pergerakan ISIS. Hingga saat ini, pihaknya belum menemukan adanya warga Sumsel yang telah direkrut untuk menjadi anggota ISIS di Sumsel. Kalaupun ditemukan, pihaknya akan meyerahkan kepada pihak berwajib.

“Saya kira untuk di Sumsel belum ada, karena masih baru. Jika telah ditemukan ada yang menjadi anggota ISIS. Akan kami kembalikan hal tersebut kepada kepolisian. Sehingga, dapat ditentukan langkah selanjutnya,” terangnya.

 

TEKS     : IMAM MAHFUZ

EDITOR   : ROMI MARADONA

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster