Pemkab Empat Lawang Janjikan Bangun Balai Ketenagakerjaan

 317 total views,  2 views today

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten Empat lawang menjanjikan pembangun balai ketenagakerjaan. Hal ini dicanangkan sebagai antisipasi dampak meningkatnya angka pengangguran seiring perkembangan kota.

Demikian disampaikan Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri melalui Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Empat Lawang Edison Jaya. “Angka pengangguran meningkat, makanya kita butuh balai tenaga kerja sebagai produsen Sumber Daya Manusia (SDM) mumpuni di dunia usaha,” jelas Edison, kemarin.

Diakuinya, melalui unit balai ketenagakerjaan, nanti akan mendidik dan melatih masyarakat secara terampil agar mampu memiliki kemampuan sehingga menghasilkan lapangan pekerjaan sendiri. “Insya Allah lokasinya di Jalan HM Poros Noerdin Panji,” ujarnya.

Kenapa perlu balai ? Sebut Edison, dunia tenaga kerja membutuhkan kualitas dan skil bagus. Makanya dengan pembangunan balai ketenagakerjaan ini sangat penting, mengingat banyak tamatan-tamatan SMA nantinya yang tak bisa melanjutkan kuliah bisa diajarkan ketrampilan.

Dicontohkan, bidang perbengkelan, bisa nanti mereka dididik bongkar pasang alat otomotif, nah nanti kalau sudah bisa mereka akan membuka usaha sendiri di daerahnya. Ini juga sangat penting, apabila sudah merata kemampuan perbengkelan, masyarakat Kecamatan Pendopo maupun Kecamatan Paiker tidak lagi mencari bengkel ke Kecamatan Tebing Tinggi sebagai pusat kota, Pendopo pusat perekonomian ataupun ke daerah lain.

Cukup di Kecamatannya saja karena sudah ada yang bisa menjadi montirnya.“Inilah yang akan kita bangun di Empat lawang, diupayakan nanti akan merata tenaga-tenaga  terampil di setiap kecamatan,” ucapnya.

Nah, untuk sementara ini pelatihan tidak dilakukan di balai ketenaga kerjaan tetapi dilakukan dengan kerjasama seperti kerjasama dengan sekolah nantinya ataupun dengan perusahaan-perusahaan swasta.

Ditambahkan Edison Jaya dengan adanya balai ketenaga kerjaan ini jua di Empat Lawang tersedia masyarakat yang terampil, sehingga apabila ada investor masuk diperbolehkan, maka mereka tidak repot lagi mencari tenaga kerja. “Kita harus menjadi tuan rumah di daerah kita sendiri,” ujarnya.

Rencana pembangunan balai tenaga kerja disambut baik para pencari kerja di Empat Lawang. Diakui Andika (23), warga Kelurahan Pasar Tebing Tinggi, lulusan SMA tahun 2011 ini mengaku sulit mencari pekerjaan lantaran tidak memiliki skil mumpuni. “Sulit cari kerja kak, apalagi tamatan SMA. Kalau SMK mungkin cepat karena sudah ada pengalaman praktek,” ungkapnya.

Dengan adanya balai tenaga kerja, dia berharap bisa memberikan kesempatan pelatihan bagi pencari kerja. Setidaknya, jika ada keterampilan selain mencari kerja bisa membuka usaha sendiri. “Kalau sudah punya skil bisa buka usaha sendiri juga kak,” tukasnya.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster