Ekonomi Sumsel Tumbuh 5,7 Persen

 189 total views,  2 views today

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Semester I tahun 2014, kondisi perekonomian Sumsel menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, growth diangka 5,7 persen, meski angka tersebut belum sesuai target, Pemprov Sumsel mengapresiasi pertumbuhan tersebut.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengganggap capaian tersebut bagus di semester awal tahun 2014 ini. “Itu peningkatan yang bagus, apalagi kedepan masih banyak kegiatan di Sumsel, saya optimis pasti angka itu akan terus tumbuh lagi,” ucap Alex saat diwawancarai usai melantik di Graha Bina Praja, Selasa (5/8).

Sumsel terang Alex, akan menjadi tuan rumah berbagai event internasional diantaranya Asian Games. Event itu sebutnya akan dibarengi dengan pembangunan infrastruktur. Ini akan berkorelasi dengan pertumbuhan ekonomi Sumsel.

Pertumbuhan ekonomi Sumsel ini, disambut baik Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel, Permana. Menurutnya angka yang dirilis BPS Sumsel tersebut, menunjukan tren positif pertumbuhan ekonomi Sumsel. “Ini tren positif, memang belum sesuai target karena fluktuasi harga pasca lebaran jadi memang mesin ekonomi belum beraktifitas semua,” ujarnya.

Ia mengatakan di semester kedua tahun ini, Disperindag akan semakin menggenjot pertumbuhan ekonomi Sumsel dengan menggerakkan roda perdagangan ekspor, “Market internasional ini semakin meluas, selain Amerika, Eropa, Jepang dan Korea, ada pasar baru di Timur Tengah. Ini sangat potensial,” imbuhnya.

Apalagi sebut pria berkumis ini, harga karet semakin membaik potensi alam Sumsel menjanjikan seperti batubara, dan CPO. Selain itu, sektor rill juga akan semakin digenjot. “Potensi ekspor Sumsel ini banyak, maka akses pasar internasional harus semakin dibuka, apalagi UMKM yang memiliki skala internasional,” kata dia.

Saat ini lanjutnya, kondisi ekspor sumsel sudah baik namun tetap perlu perbaikan. “Jika melihat persentase ekspor Sumsel, masih 15 persen dibawah import. Makanya mesti digenjot sektor ekspor Sumsel,” ungkapnya seraya berucap kondisi ekonomi dikatakan baik jika kondisi ekspornya lebih baik dari impor.

Ia optimis target pertumbuhan ekonomi Sumsel 6,2 persen, akan tercapai jika melihat pertumbuhan di semester pertama. “Optimis dong tercapai, pertumbuhan melambat karena harga jual karet sempat turun, sekarang sudah membaik, belum bergerak semua saja sudah mencapai 5,7 persen apalagi bergerak semua, optmis lebih dari 6,2 persen,” tukasnya.

 

TEKS           : IMAM MAHFUZ

EDITOR        : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster