Pertumbuhan Penjualan Cat Terus Meningkat

 338 total views,  2 views today

Ilustrasi Cat | Dok KS

Ilustrasi Cat | Dok KS

PALEMBANG – Meskipun industri properti tengah melambat, namun tidak demikian dengan material pendukungnya seperti cat, apalagi menjelang pelaksanaan lebaran Kemarin, dimana kebanyakan  masyarakat melakukan renovasi rumahnya.

Pelaku Usaha Kontruksi Yudha Novanza Utama Owner PT Pandawa Maju Jaya saat dibincangi mengungkapkan, setiap tahunnya, pertumbuhan penjualan cat di Indonesia  khususnya Palembang selalu meningkat sekitar 10%.

“Biasanya untuk jasa kontruksi selain kebutuhan material, juga didukung dengan jenis cat dalam menyempurnakan atau finishing dalam pengerjaan, jadi memang kebutuhan cat ini menjadi meterial pendukung penting dalam semua jenis bangunan,” jelasnya Senin (4/8).

Sementara, di sejumlah depot atau toko cat, rata-rata mengaku terjadi peningkatan pembeli, khususnya jenis cat tembok yang mayoritas diburu para pembeli.

“Tahun 2014 ini, diperkirakan nilai transaksi penjualan cat bisa mencapai Rp 15 triliun di seluruh Indonesia, mayoritas merupakan jenis cat untuk dekoratif, yang saat ini yang beredar sekitar 60 merk,” kata Ivan Gustama Sales Marketing Distributor Cat Avitex Palembang yang di kawasan jalan Lingkaran Dempo Palembang,senin (4/8).

Menurutnya, konsumen di seluruh Indonesia cenderung mengecat rumah saat mempunyai properti baru, atau pada saat mengganti cat lama yang kusam. “Konsumen kita di kota Palembang ini sudah sangat cerdas memilih cat yang baik, selain kualitas warna yang cerah, juga dapat menutup kebocoran rumah seperti halnya jenis cat avitex ini,” terangnya.

Sementara itu, Dian, Owner Tanggo Bangunan yang berada di Jalan Sultan M Mansyur Bukit Lama Palembang menerangkan, untuk harga cat tembok masih relatif normal, misalnya saja harga cat tembok property berat 25 kg seharga Rp. 460,000, dan berat 5 kg Rp. 98,000.

“Untuk merk cat Q-Luc harganya Rp.215,000 berat 20kg dan Rp.56,000 untuk berat 5kg, selanjutnya merk Avian High Gloss Enamel Rp. 55,000/0,9Liter dan High Gloss Enamel Rp. 218,000.-/3,6 Liter. Sedangkan cat pelapis anti bocor No Drop, harganya masih cukup tinggi, perkilonya seharga Rp. 49,000, Berat 4 kg seharga Rp. 188,000, dan yang berantya 20 kg seharga Rp. 866,000,” ujarnya.
Ditambahkan Dian, khusus untuk jenis cat interior maupun exteriror yang direkomensikan, diantaranya Cat Tembok Satin Putih seharga Rp. 1,172,000/18,9 liter, Cat Tembok Satin Muda Rp. 1,199,000.-/18,9Liter, dan cat Alkali Resisiting Primer Rp. 849,000/18,9 Liternya.
“Rata-rata masyakat banyak yang melakukan pemesanan cat tembok dan besi, yang biasanya digunakan untuk rumah dan pagar agar semakin mentereng saat lebaran nanti,” tutupnya.

 

TEKS : SONNY KUSHARDIAN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster