Kawasan Semende Rawan Longsor

 294 total views,  2 views today

MUARAENIM – Para pengendara baik roda dua maupun empat yang hendak menuju Kecamatan Semende, Kabupaten Muaraenim, harus ekstra waspada. Pasalnya, jalan menuju ke kawasan tersebut banyak yang rawan longsor.

Diantaranya Jalan Desa Pulau Panggung, Kecamatan Semende Darat Laut menuju Desa Tenam Bungkuk, Kecamatan Semende Darat Tengah. Di kawasan tersebut, setidaknya terdapat 20 titik rawan longsor.

Pantauan Kabar Sumatera, Senin (4/8), setidaknya ada sekitar 20 titik jalan rawan longsor diantaranya, di jalan dari Desa Tenam Bungkuk ke Tanjung Raya ada dua titik, dari Tanjung Raya ke Sri Tanjung ada satu titik, dari Sri Tanjung ke Tebing Abang ada 11 titik, dari Tabing Abang ke Desa Batu Surau ada satu dan dari Batu Surau ke Desa Pulau Panggung ada empat titik rawan longsor.

Bahkan di jalan yang menuju Desa Sri Tanjung dengan Tebing Abang, Kecamatan Semende Darat Tengah kini kondisinya nyaris putus. Di jalan tersebut, separuh badan jalan tertimbun longsor dan hingga kini belum juga diperbaiki. Di kawasan itu juga, ada 18 titik lainnya yang pernah mengalami longsor.

Sedangkan titik rawan longsor lainnya juga tidak jauh dari tempat pertama atau sekitar 500 meter, berada diantara Desa Tebing Abang dengan Sri Tanjung, Kecamatan Semende Darat Tengah. Di badan jalan yang longsor tersebut, sudah dipasang tanda-tanda oleh warga dengan menggunakan ranting kayu.

“Kita berharap, pihak terkait segera melakukan perbaikan. Sehingga tidak terjadi longsor yang dapat memakan korban jiwa dari pengendara yang melintas,” harap Marshal, salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Semende ketika dibincangi, kemarin.

Ia berharap, kepada pihak yang menangani proyek maupun pemeliharaan badan jalan ini, agar segera melakukan perbaikan. Paling tidak kata dia, dengan memasang rambu-rambu tanda rawan longsor atau pun kerusakan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) Muaraenim, Ahmad Yani Heriyanto yang dikonfirmasi, membenarkan banyak titik rawan longsor di tiga kecamatan di kawasan Semende. “Kita akan segera melakukan perbaikan jalan yang longsor, seperti didekat Jembatan Enim sampai  keatas, akan kita kikis dan kita lebarkan jalan tersebut,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muaraenim, Sastro Alimanudin menyebut kawasan Semende merupakan daerah rawan longsor di Muaraenim.  “Tiga kecamatan di Semende, banyak sekali yang rawan longsor dan potensi longsor. Kita akan segera membentuk tim, untuk terjun ke lapangan tentunya berkoordinasi dengan Dinas PU BM dan instansi terkait,” tukasnya.

 

TEKS           : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster