Cadangan Beras Cukup Hingga 2015

 321 total views,  2 views today

Gudang Bulog

Ilsutrasi Gudang Bulog | Dok KS

BATURAJA – Cadangan beras di tiga kabupaten di OKU Raya yakni Kabupaten OKU, OKU Timur dan OKU Selatan, dipastikan aman. Cadangan beras untuk tiga kabupaten ini yang tersimpan di gudang Bulog Sub Divre OKU, mencapai 11.500 ton.

Cadangan beras tersebut menurut Kepala Bulog Sub Divre OKU, Meizarani, mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hingga April 2015. “Kalau untuk memenuhi kebutuhan beras miskin (raskin), cadangan beras kita cukup hingga April 2015,” terang Meizarani, Senin (4/8).

Karena banyaknya cadangan beras tersebut, Bulog Sub Divre OKU berencana akan menyuplai beras ke Lahat dan Jambi. “Tahun ini target suplai ke Lahat mencapai 5000 ton. Tahun sebelumnya hanya 2000 ton. Kemudian ke Jambi, rencana menyuplai 100 ton. Sebelumnya kami telah menyuplai 2000 ton,” bebernya.

Adanya suplai ke Lahat dan Jambi, pihak Bulog sendiri akan terus lakukan penyerapan beras dari petani. Saat ini, penyerapan pada Juni mencapai 1500 ton. Sementara realisasi penyerapan sejak Januari lalu telah mencapai sekitar 10 ribu ton.

“Sebagian besar penyerapan beras berasal dari OKU Timur. Kami sebelumnya telah mempunyai rekanan, sehingga penyerapan bisa terus mencapai taget. Jika tidak sulit, sebab pembelian Bulog lebih murah dibandingkan dengan di pasaran,” terangnya.

Disinggung untuk realisasi sendiri kata dia, Raskin di OKU Raya meliputi OKU Induk, OKU Selatan dan OKU Timur hingga Juni sudah 78 persen. Dengan jumlah sekitar 5.929 ton. Realisasi untuk OKU sendiri mencapai 69 persen dari Januari hingga Juni ditambah percepatan November dan Desember. Dengan jumlah 1.130 ton dari target 1.640 ton.

Sedangkan untuk OKU Timur realisasi Raskin mencapai 3.104 ton atau sekitar 86 persen dari rencana 3.628 ton. Sementara, OKU Selatan realisasi Raskin mencapai 1.693 atau sekitar 78 persen  dari rencana 2.162.

 

TEKS              : MUSLIM

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster