Bupati Diminta Sanksi PNS Malas

 320 total views,  2 views today

Ilustrasi PNS

Ilustrasi PNS

BATURAJA – Hari pertama kerja pasca cuti dan libur bersama Idul Fitri, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU), disambut dengan aksi massa.

Puluhan massa yang menamakan dirinya Gerakan Masyarakat OKU Peduli, Senin (4/8), mendatangi Pemkab OKU. Mereka meminta Bupati OKU, untuk bertindak tegas dengan PNS yang malas-malasan termasuk kepada PNS yang tidak masuk kerja, pasca libur panjang Idul Fitri.

Pantauan Kabar Sumatera, puluhan massa ini menuangkan tuntutannya dalam spanduk yang mereka bawa. Mereka juga menuding, selama ini banyak para abdi negara di lingkungan Pemkab OKU, yang malas-malasan bahkan ada pejabat yang menggunakan absen fiktif.

“Kami prihatin, dengan kondisi pemerintahan di Pemkab OKU saat ini. PNS di lingkungan Pemkab OKU, banyak yang tidak disiplin dan banyak yang bolos. Ini disebabkan pemerintah terlalu lentur dan tidak tegas,” kata Tri Sutrisno, koordinator aksi.

“Kami siap mendampingi pemerintah daerah untuk melakukan inspeksi mendadak ke setiap SKPD, kami pun siap untuk memgawal pemerintah dalam menegakkan disiplin pegawai,” ucapnya.

Menurut Tri, tidak sepantasnya para abdi negara ini malas-malasan dalam bekerja. Sebab tugas mereka adalah melayani masyarakat, karena di gaji dari uang masyarakat yang dikumpulkan melalui pajak. “Mereka di gaji oleh masyarakat, wajar jika kami sebagai masyarakat menuntut mereka untuk bekerja sepenuh hati dan semaksimal mungkin dalam melayani masyarakat,” ujarnya.

Sayangnya tuding dia, prilaku tidak disiplin ini justru ditunjukkan oleh pejabat yang harusnya menjadi contoh bagi staf nya. Itu tudingnya salah satunya, terjadi di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) OKU.

Menurutnya, Kepala Dinas PU BM OKU nyaris tidak pernah masuk ke kantor. Akibatnya banyak proyek fisik di lingkungan dinas tersebut sebut Tri, yang berjalan asal-asalan akibat lemahnya pengawasan.

“Kami minta bupati menginvestigasi masalah ini. Ada dugaan absen fiktip di Dinas PU BM. Kalau memang terbukti, kami minta bupati mengganti Kepala Dinas PU BM. Apalagi sebelumnya DPRD OKU, pernah merekomendasikan penggantian Kepala Dinas PU BM ini,” desaknya.

 

TEKS          : MUSLIM

EDITOR        : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster