25 Agustus, DPRD Empat Lawang Dilantik

 979 total views,  2 views today

DPRD

EMPAT LAWANG – Sesuai jadwal, anggota DPRD Kabupaten Empat Lawang periode 2014-2019 direncakakan akan dilantik pada 25 Agustus mendatang. Sebagai persiapan pelantikan, Senin (4/7), Sekretariat Dewan (Setwan), mulai mengukur seragam calon anggota legislatif (caleg) terpilih.

“Semua tengah disiapkan, jadwal pelantikannya 25 Agustus. InsyaAllah, tidak ada perubahan,”  kata Ketua DPRD Empat Lawang, H David Hadrianto, ketika dibincangi, kemarin.

Menurut David, jumlah anggota DPRD Empat Lawang periode 2014-2019 bertambah. Di periode 2009-2014,  jumlah kursi di DPRD Empat Lawang hanya 30 kursi. Namun di periode mendatang menjadi 35 kursi. Bertambahnya anggota dewan ini diharapkan David, dapat meningkatkan kinerja anggota dewan.

Ia menyebut, anggota dewan yang akan dilantik tersebut sesuai keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang. Dengan kata lain, tidak ada perubahan data. Namun ada sedikit kendala, mengenai hasil putusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK) atas gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) antar caleg terpilih PDI Perjuangan, belum diterima.

Mengenai unsur pimpinan ? secara resmi Ketua DPRD dan unsur pimpinan serta anggota lainnya, akan habis masa jabatan pada hari itu. Nah, selang waktu setelah pelantikan sebut David, akan dimandatkan ketua sementara oleh partai politik (parpol) pemenang pemilu 9 April 2014 lalu.

“Nanti dibahas parpol pemenang pemilu, itu interen partai. Yang jelas kurang dari dua bulan setelah pelantikan, unsur pimpinan dan alat kelengkapan dewan seperti komisi, badan anggaran, badan musyawarah, badan legislasi dan fraksi sudah,” jelas David.

Untuk DPRD Empat Lawang, berdasarkan hasil perolehan suara pemilu lalu, ada tiga parpol berhak mengusulkan nama-nama unsur pimpinan yaitu Golkar, PAN dan PDI Perjuangan. Partai Golkar mendapatkan kursi terbanyak yakni 10 kursi sehingga sebut David, sesuai ketentuan Ketua DPRD akan jabat oleh kader partai berlambang pohon beringin tersebut. Sementara untuk wakil ketua akan dijabat oleh kader Partai Amanat Nasional dan PDI Perjuangan.

Sebagai informasi, sebagian besar kursi DPRD Empat Lawang periode 2014-2019, diisi wajah baru. Setidaknya dari 35 kursi, ada 23 wajah baru sisanya 12 lainnya adalah caleg petahanan atau wajah lama.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster