179 CPNS K1 Jadi PNS

PAGARALAM – Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni resmi melantik sebaanyak 179 calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kategori 1  menjadi PNS penuh di Aula SD Model, kemarin. Adapun sebanyak 179 orang tersebut sudah berstatus PNS dan mulai menerima gaji penuh terhitung sejak pelantikan itu dilaksanakan.

Usai melewati berbagai tahapan verifikasi administrasi di Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat kemudian diproses di Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, awalnya sebanyak 182 orang honorer K1 yang diusulkan, resmi dinyatakan lulus verifikasi dan validasi memenuhi kriteria (MK) untuk selanjutnya diangkat menjadi CPNS di lingkungan Pemkot Pagaralam. Sementara di dalam perjalanan ada 2 orang CPNS tidak sempat melalui pengangkatan ini, karena terlebih dahulu meninggal dunia yaitu Jamli dan Okto Komri yang meninggal karena sakit.

Menurut Wali Kota Hj. Ida Fitriati Basjuni mengatakan, PNS yang dilantik ini telah mengalami perjuangan panjang. Sehingga pelantikan ini harus disyukuri dan dipertanggungjawabkan.

“Setelah dilantik dan disumpah, berarti tugas sebagai abdi negara akan menjadi lebih berat. Tetapi tugas dan tanggungjawab sebagai pelayan masyarakat jangan dijadikan sebagai beban, melainkan harus membuat rasa tanggung jawab lebih besar,” sebutnya.

Berawal dari CPNS menjadi PNS ini Ida menekankan, kinerja yang harus dilakukan semakin meningkat. Jangan sampai karena sudah menjadi PNS, justru menjadi semakin malas-malasan dalam bekerja.

“Jangan menganggap karena sudah menjadi PNS akan semakin santai dan bisa seenaknya datang ke kantor,” pesan Ida dihadapan para PNS yang baru dilantik.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Pagaralan Drs H Safrudin MSi melalui Kepala BKD Pagaralam Imam Pasli SSTP mengemukakan, ada sebanyak 182 orang yang diusulkan lolos seleksi di Kemenpan, rincinya guru sebanyak 100 orang, teknis sejumlah 70 orang, kesehatan 10 orang dan penyuluh sebanyak 2 orang.

“Sebanyak 182 honorer k1 sudah ada menjadi CPNS dan dua orang meninggal dunia,” katanya seraya berujar PNS ini langsung bertugas sementara ini di satker masing-masing.

Kendati demikian sambungnya, penyerahan surat keputusan (SK) yang disahkan menjadi PNS sudah terjadwal agenda tentatif Pemkot Pagaralam, pada Kamis 24 Juli dilaksanakan pukul 09.00 WIB di gedung ex RSBI. Selama ini 179 orang tersebut sudah menjalani masa tugas selama satu tahun.

“Ya,  mereka sudah melewati berbagai tahapan  sehingga berhak diangkat,” ujarnya.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com