PNS Pemuja Sabu Bebas Hukuman ?

 341 total views,  2 views today

Ilustrasi Sabu

Ilustrasi Sabu

EMPAT LAWANG – Kendati sempat dinyataan sebagai pengguna narkoba jenis sabu-sabu, Harun (35), oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DP2KP) Kabupaten Empat Lawang, bisa bebas dan kembali menghirup udara segar di luar jeruji besi.

Kok bisa ? itu karena, barang bukti (BB) yang disita dari tangan tersangka sebelumnya dinyatakan Kepolisian Resort (Polres) Empat Lawang, negatif atau dengan kata lain bukan termasuk narkoba.

Namun keputusan Polres Empat Lawang itu, menuai tanggapan negatif masyarakat. Tidak sedikit warga yang menyangsikan pembebasan oknum PNS tersebut, bahkan menuding ada main mata antara polisi dengan pelaku.

Terlebih sebelumnya sempat diberitakan, penangkapan Harun dikarenakan adanya laporan warga sekitar kontrakannya, bahwa Harun sering menggelar pesta narkoba di kontrakannya yang berada di Kelurahan Jayaloka, Kecamatan Tebing Tinggi tersebut. “Kok bisa bebas, dia itukan pemakai,” tanya salah satu sumber Kabar Sumatera, ketika dibincangi, Selasa (22/7).

Dugaan main mata antara kepolisian dan tersangka pun, ditudingkan. Sebab, tidak ada penjelasan hasil tes urine ataupun membenarkan bahwa tersangka bukan pemuja narkoba. “Keluraga kami juga tersandung kasus narkoba, sampai saat ini ditahan. Kok ada yang bisa bebas,” sesalnya lagi.

Menanggapi hal ini, Kepala Polres Empat Lawang, AKBP M Ridwan melalui Kasat Narkoba, AKP Darmawan membantah adanya main mata antara kepolisian dengan pelaku. Disebutkannya, berdasarkan hasil tes laboratorium, BB diamankan beberapa waktu lalu tidak terbukti sebagai jenis narkoba. “Kita sudah uji lab, tetapi bukan sabu hanya tawas saja,” jelasnya.

Sehingga terang Darmawan, penyidik tidak akan melanjutkan kasus yang dijalani Harun mengingat BB bukan jenis narkoba. Sehingga tidak disangkakan salah satu pasal pun pada Undang-Undang tentang Narkotika kepada pelaku. Ditanya soal kenapa tidak tes urine? menurut Darmawan tidak perlu di tes urine.

Seperti diberitakan sebelumnya, diduga menggunakan narkoba jenis sabu-sabu, untuk ketiga kalinya PNS di Kabupaten Empat Lawang diamankan anggota Sat Narkoba Polres Empat Lawang.

Harun (35), oknum PNS di DP2KP tersebut, diamankan di kamar kontrakannya di Kelurahan Jayaloka, Kecamatan Tebing Tinggi, Selasa (15/7). Dari tangannya, diamankan satu paket kecil sabu yang disimpan dalam jaket.

Dari pengakuan Harun, barang haram tersebut baru saja dibelinya dari orang yang baru dikenalnya. Ia membeli dua paket sabu, namun baru dihabiskan satu paket saja. Sedangkan satu paketnya lagi, belum sempat dipakai karena keburu diamankan petugas kepolisian.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster