HBA Larang PNS Terima Parsel

 280 total views,  2 views today

Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri

Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri

EMPAT LAWANG – Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Empat Lawang, diperingatkan tidak menerima hadiah atau parsel Idul Fitri, dari luar lembaga menaunginya. Larangan tegas disampaikan Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri (HBA).

Ini  menyusul, indikasi ada oknum PNS menerima hadiah dari pihak lain seperti perusahaan atau badan usaha. “PNS tidak boleh merima parsel, THR atau hadiah lebaran,” kata HBA yang dibincangi, Selasa (22/7).

Dikatakannya, sebelum Idul Fitri para PNS sudah diberikan gaji ke-13 oleh pemerintah, sehingga tidak perlu mengharapkan THR dari tempat lain. Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD) pun jelasnya, jangan bergerak mencari THR dari pemborong-pemborong besar ataupun pihak ketiga yang terlibat dalam pekerjaan di Instansinya.

Jika terbukti, ada pejabat menerima parcel maka dianggap melanggar aturan negara dengan menerima hadiah. “Kepala SKPD juga dilarang menerima parsel lebaran, gaji ke-13 kan sudah besar,” ungkap HBA.

Namun sebutnya, tradisi pemberian THR boleh saja dilakukan di lingkungan pegawai. Tetapi THR itu, khusus untuk Tenaga Kerja Sukarelawan (TKS) karena mereka tidak memiliki penghasilan tetap.

“Kalau honorer boleh diberi THR, tetapi lebih baik berjenis barang jangan uang tunai agar kesannya lebih tepat sasaran,” terangnya seraya menambahkan seyogyanya pemberian THR itu hak para honorer, dan kewajiban kepala SKPD.

Sanksi ? HBA tidak memastikan, hanya saja akan ada teguran jika PNS atau pejabat menerima hadiah lebaran dalam bentuk apapun.

Informasi sumber Kabar Sumatera menyebutkan, kasak-kusuk THR, parsel dan hadiah lebaran marak di lingkungan Pemkab Empat Lawang. Terutama bagi para honorer atau tenaga kerja sukarela, berharap ada kebijakan dari kepala dinas atau instansi tempatnya mengabdi, untuk memberikan THR.  “Yang jelas TKS ada THR, kalau PNS tidak diperbolehkan,” aku salah satu Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Empat Lawang.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster