Hasil Pilpres 2014 Bakal Berakhir ke MK

 267 total views,  2 views today

Ilustrasi Gedung MK | Dok KS

Ilustrasi Gedung MK | Dok KS

PALEMBANG – Pengamat politik dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Febrian memprediksi hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, bakal berakhir ke Mahkamah Konstitusi (MK). Pasalnya, salah satu pasangan Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres), tidak akan menerima hasil rekapitulasi suara nasional yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Sinyal ketidakpuasan terhadap hasil rekapitulasi nasional ini kata Febrian, terlihat saat Tim Pemenangan Prabowo-Hatta di DKI Jakarta melaporkan KPU DKI Jakarta ke kepolisian. “Kemungkinan hasil pilpres ini, dibawa ke MK sangat terbuka dan itu sah-sah saja,” kata Febrian yang dibincangi, Selasa (22/7).

Selain ke MK terang Febrian, ada kemungkinan lain yang akan dilakukan salah satu pasangan capres-cawapres tersebut yakni melapor ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Tetapi laporan itu sifatnya, ditujukan untuk penyelenggara pemilu bukan hasil rekapitulasi.

Apakah ketidakpuasan salah satu pasangan tersebut, bisa berakhir dengan terjadinya bentrokan sosial. Menurut Febrian, gejolak sosial tersebut di Sumsel sangat tidak mungkin terjadi namun di provinsi lain, ia tidak berani memprediksinya.  “Kalau di Sumsel, saya pikir tidak akan terjadi gejolak dan aman saja,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta di Sumsel, Alex Noerdin yang dibincangi usai buka bersama dengan wartawan di Hotel Arista, Palembang, kemarin tak mau berkomentar banyak.

Namun Alex menghimbau, semua masyarakat Sumsel untuk tidak terpancing dengan isu-isu negatif dan menjaga kestabilan politik serta keamanan di Sumsel. “Apapun keputusan KPU, kita meminta masyarakat tetap tenang dan bisa menerimanya,” himbau Gubernur Sumsel ini.

Sebelumnya Alex optimis, suasana di Bumi Sriwijaya ini akan kondusif dan terkendali pasca pengumuman KPU tersebut. Apalagi terang Alex, selama ini tidak pernah terbukti terjadi konflik ditingkat masyarakat.

“Siapapun pemenangnya,  Sumsel akan aman kondusif.  Tidak akan ada konflik, yang terjadi. Simpatisan kedua pasangan Capres-Cawapres baik simpatisan Prabowo-Hatta maupun Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla di Sumsel, dipastikan bisa menerima apapun keputusan KPU,” tukasnya.

 

TEKS              : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster