H-6, Kendaraan Angkutan Masih Melintas

 262 total views,  2 views today

konvoi-truk-angkutan-batu-bara-di-jalinsum-lahat-muaraenim

Ilustrasi Truk yang Melintas di Jalintim | Dok KS

INDRALAYA – Enam hari jelang Lebaran atau H-6, truk-truk pengangkut bahan kebutuhan hingga Kayu Gelondongan dengan tonase hingga belasan ton masih berseliweran di Jalan Lintas Timur (Jalintim),Palembang-Indralaya.

Padahal, jalur yang menghubungkan antar pulau tersebut merupakan jalur yang selalu dipakai para pemudik.

Meski sudah dikeluarkan surat edaran larangan melintas, namun sopir masih saja membandel dengan alasan mengejar pesanan barang.

Pantauan Kabar Sumatera di lapangan, tepatnya di Terminal Km 32 Timbangan Indralaya, sejak sore menjelang malam hari puluhan bahkan ratusan kendaraan jenis truk tronton mulai merangsek masuk menuju arah Palembang, baik kendaraan yang melintas dari Kayuagung maupun Prabumulih.

Akibatnya, kondisi arus lalulintas di jalur Palembang-Indralaya saat ini, khususnya pada sore menjelang malam hari sering terjadi kemacetan panjang hingga mencapai puluhan kilometer.

Untuk itu, bagi kendaraan pribadi diimbau untuk melintas di jalur Palembang-Indralaya saat sore menjelang malam hari. Pasalnya, pada jam tersebut, kendaraan bertonase melintas.

Kepala Dishub Kabupaten OI,  Drs H Mutarsyah melalui Kabid LLAJ Yusrizal SH, mengakui kendaraan truk bertonase berat masih melintas pada sore hingga malam hari.

Menurutnya, volume kendaraan angkutan non sembako saat ini sudah mulai berkurang jika dibandingkan pada H-10 kemarin.

“Truk-truk batubara sudah tak diperbolehkan lagi untuk melintas sampai dengan sesudah hari lebaran. Saat ini pun, kita hanya memperbolehkan truk pengangkut sembako saja untuk melintas,” tuturnya.

Ia menambahkan, pada H-5, truk-truk non sembako sudah dilarang melintas. “Ini memudahkan para pemudik untuk melintasi Jalintim. Kalau masih ada truk, otomatis, laju kendaraan akan terganggu,” pungkasnya.

 

Teks    : Junaedi Abdillah

EDITOR   : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster