Dua Kecamatan Kekurangan Sekolah

 295 total views,  2 views today

Ilst. Siswa

Ilst. Siswa

BANYUASIN – Jumlah sekolah yang ada di dua kecamatan yakni Kecamatan Talang Kelapa dan Rambutan, saat ini tidak sebanding dengan jumlah siswa yang lulus setiap tahunnya. Padahal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin, hendak menurunkan angka partisipasi kasar (APK) yang masih cukup tinggi.

Hal itu dikatakan, anggota Komisi III DPRD, Banyuasin Andriyadi saat menyampaikan hasil pembahasan Komisi III terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Banyuasin 2013, Selasa (27/7).

Menurut Andri, jumlah sekolah untuk tingkatan SMP dan SMA di dua kecamatan tersebut, saat ini tidak bisa menampung siswa yang ada. Di dua kecamatan ini jelasnya, ada 36 unit SD negeri dan 36 SD swasta.

Sedangkan untuk SMA negeri hanya ada satu unit, sementara SMP negeri sebanyak dua unit dan SMP swasta empat unit. “Untuk itulah perlu sekolah yang baru, untuk menampung siswa-siswa ini,” himbaunya.

Andri menyebut, saat ini Pemkab Banyuasin sedang membangun satu unit sekolah negeri di Kecamatan Sembawa. Sayangnya, lahan yang dipakai statusnya milik PTPN VII Unit Musi Landas.  “Akibatnya pembangunan sekolah itu, terganjal. Bupati kami minta, untuk mempercepat realisasi pembangunan sekolah tersebut termasuk menyelesaikan status lahan itu,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian menyebut kebutuhan sekolah di Banyuasin masih cukup banyak. Menurutnya, bukan hanya di Talang Kelapa dan Rambutan saja.

Memang, untuk mendirikan sekolah ini seharusnya tidak lagi dengan cara hibah lahan, karena terkadang lokasi lahan dengan masyarakatnya yang jauh. Sehingga kadang muncul persoalan kedepannya. “Kita akan mencoba untuk membeli lahan agar tidak susah, sebab selama ini status lahannya yang hibah,  harusnya tidak ada lagi,” tukasnya.

 

TEKS              : DIDING KARNADI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster