Armada Mudik Wajib KIR

 303 total views,  2 views today

 

PAGARALAM – Guna memastikan kondisi kendaraan yang akan melayani angkutan mudik dalam keadaan prima, Pemerintah Kota Pagaralam melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) mewajibkan kondisi fisik kelaikan jalan seluruh armada angkutan lebaran wajib melakukan Uji Kelaikan Kendaraan (KIR). Hal itu dilakukan guna terwujudnya keamanan dan kenyamanan pada arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah. Demikian dikemukakan Kadishubkominfo Kota Pagaralam, Paber Napitupuluh SSTP MSi, Rabu (22/7).

Dia berkata, uji kelaikan kendaraan perlu dilakukan guna memastikan seluruh armana lebaran dalam kondisi baik dan layak pakai. Apalagi memasuki musim mudik menjelang lebaran, pihaknya mewajibkan kepada seluruh angkutan mudik baik yang beroperasi dalam kota maupun diluar provinsi untuk melakukan uji kelayakan kendaraaan.

“Ya, kegiatan ini dalam bentuk mewujudkan kenyamanan dan keselematan para penguna jasa angkutan mudik. Selain itu, termasuk pula menekan jumlah kecelakaan akibat kondisi angkutan yang tidak layak beroperasi,” katanya.

Ia mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti kendaraan yang telah habis Surat Tanda Uji Kendaraan (STUK). Selain mengenai STUK sudah jatuh tempo, kondisi fisik kendaraan pun menjadi perhatian utama, karena hal tersebut paling vital dari pemeriksaan sebuah kendaraan.

“Bila dalam pemeriksaan ditemukan seperti lampu yang mati, itu hal ringan dan bisa langsung diperbaiki saja. Namun jika memang ditemukan kondisi yang tidak baik, terpaksa kami tahan dan tidak boleh jalan,” ujarnya.

Lanjut Paber, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Pagaralam No 10/2003, hal tersebut sudah diatur mengenai masa berlaku angkutan umum atau angkot yang layak beroperasi maksimal 15 tahun. Sedangkan bagi angkutan yang sudah berusia tua atau diatas 15 tahun tidak akan dilayani dalam melakukan pengujian KIR kendaraan berkala.

“Balai Pengujian Kendaraan Bermotor mewajibkan setiap pemilik kendaraan untuk melakukan uji KIR secara berkala. Sementara untuk angkutan yang sudah berusia lebih dari 15 tahun tidak akan dilayani untuk Uji KIR, karena sudah dapat dipastikan tidak akan lulus,” tegasnya seraya mengatakan semoga arus lalu lintas di kota ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN
EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster