Waspadai 5 Titik Rawan Jalintim

 212 total views,  2 views today

Ruas Jalan di Dusun 1 tutup buka.

KAYUAGUNG – Menyambut arus mudik lebaran tahun 2014, Polres Ogan Komering ilir (OKI), meminta kepada para pemudik yang melintasi jalan lintas timur Kabupaten OKI agar berhati-hati, berdasarkan hasil pantauan jalur lintas timur (Jalintim)  OKI, diketahui setidaknya  ada 5 titik yang dianggap rawan terjadi kecelakaan lalulintas.

Kapolres OKI, AKBP Erwin Rachmat, didampingi Kasat Lantas, AKP Haris Batara Simbolon mengimbau kepada para pemudik kendaraan roda dua maupun roda empat yang akan melintasi Jalintim Kabupaten OKI, harus ekstra hati-hati jika melalui jalan tersebut. Pasalnya, setidaknya ada 5 titik Jalintim yang sangat rawan dengan kecelakaan lalulintas (lakalantas).

Lima titik rawan lakalantas tersebut, kata Kapolres, diantaranya Tikungan Air Jernih (Km 97) Desa Mulyaguna, Kecamatan Teluk Gelam, Tikungan Pasar Muara Burnai I (Km 105), Kecamatan Lempuing Jaya, Tikungan Desa Tugu Jaya (Km 125), Kecamatan Lempuing Jaya, Tikungan Dabuk Rejo (Km 160) Kecamatan Lempuing dan Tikungan Surya Adi, Kecamatan Mesuji (Km 180).

“Lima titik tersebut dinilai rawan karena merupakan tikungan tajam di Jalintim OKI yang setiap tahunnya sering terjadi kecelakaan, baik yang dialami kendaraan roda dua maupun roda empat,” ujarnya saat ditemui usai gelar pasukan operasi ketupat 2014, Senin (21/7).

Diakuinya, sering terjadinya lakalantas di lima titik tersebut karena lokasi tersebut merupakan tikungan tajam, ditambah lagi faktor human error dan faktor alam.

“Kesadaran dari pada individu pemudik dalam berkendara memang sangat diperlukan dan pemudik harus mewaspadai tiap tikungan di saat tengah berkendara itu,” ujarnya.

Katanya, bahwa pihaknya bersama Dinas Perhubungan SKPD terkait juga sudah meninjau langsung lokasi-lokasi yang bakal dijadikan Pos Pam bersama unsur Muspida.

“Untuk jumlah personil dan jumlah posko mungkin sama- seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni 5 Pospam” bebernya.

Pihaknya engharapkan pada operasi Ketupat Musi 2014 ini angka kecelakaan lalulintas (lakalantas) bisa ditekan.

“Bila lelah diharapkan pemudik singgah di posko-posko yang nantinya kita dirikan. Jangan memaksakan diri jika kelelahan, begitu juga dengan kondisi kendaraan diharapkan periksa dengan seksama sebelum mudik,” tandasnya.

Ditambahkan Bupati OKI Iskandar, bahwa saat ini jalintim OKI sudah siap untuk dilintasi oleh pemudik, selain ada beberapa posko pengamanan yang dibangun, ditempat ramai dan sepanjang jalan lintas timur, pihaknya juga akan menyiagakan seluruh Puskesmas dan Pustu yang berada di jalan yang dilalui pemudik untuk siaga.

“Bukan hanya tenaga kesehatan yang kita tempatkan di masing-masing Posko, kita  juga meminta kepada Puskesmas yang berada di Jalan Lintas Timur diminta untuk beroperasi selama 24 jam,” tambahnya.

 

TEKS    : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster