Operasi Ketupat 2014, Sambut Lonjakan Pemudik

 256 total views,  2 views today

PAGARALAM – Upaya menyambut pertambahan pemudik yang melintas atau datang ke Pagaralam, personel Kepolisian Resor (Polres) Pagaralam disiagakan pada Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat 2014.
Personel dmaksud disiagakan di beberapa lokasi pos pengamanan dan pos pelayanan yang tersebar di lima kecamatan di Pagaralam. Turut dilibatkan juga TNI, Dinas Perhubungan, Dinas PU, BPBD, Pramuka Bhayangkara, Dinas Kesehatan dan Jasa Raharja.

“Pelaksanaan Operasi Ketupat dimulai tanggal 22 Juli-6 Agustus untuk mengamankan perayaan hari raya Idul Fitri tahun 2014,” ujar Kapolres Pagaralam AKBP Saut P Sinaga seusai memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat di halaman Mapolres Pagaralam, kemarin (21/7).

Menurutnya, Operasi Ketupat digelar untuk menjamin seluruh masyarakat yang menggunakan jalur lalu lintas dari, di sekitar, maupun menuju Pagaralam dapat melakukan perjalanan mudik dengan aman, tertib dan lancar. Saut mengimbau seluruh masyarakat tidak berlebihan merayakan Idul Fitri tahun ini. Bagi yang mudik, ia meminta agar masyarakat memastikan kendaraan dalam kondisi baik.

“Pastinya, lengkapi administrasi dan kelengkapan berkendara agar perjalanan mudik dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tukasnya.

Ditambahkan Kasatlantas Polres Pagaralam, AKP Herry Widodo, titik-titik jalan yang harus diwaspadai pemudik misalnya titik kemacetan dan titik rawan longsor.

“Seperti seputaran pasar Pagaralam langganan menjadi titik kemacetan paling parah. Sementara beberapa titik longsor seperti di Endikat dan Lematang pun harus diwaspadai,” kata Herry.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Herawadi SSos menyatakan, kesiapannya menghadapi kemungkinan terjadi bencana seperti longsor. Mengingat keberadaan geografis Pagaralam dikenal sebagai daerah rawan longsor.

“Kita sudah menyiagakan alat berat untuk berjaga-jaga,” katanyanya.

Selain itu, dalam membantu menegakkan ketertiban terutama dalam penegakkan peraturan daerah, Kepala Badan Satuan Polisi Pamaong Praja (Bansat Pon PP) Kota Pagaralam, Drs Bhakti Nadjamudin MSi menegaskan, pihaknya menurunkan anggotanya secara penuh.

“Kita siap membantu menegakkan ketertiban di masyarakat terutama di seputar pasar dan pusat perbelanjaan,” terangnya seraya berkata keberadaan kita guna membantu kenyamanan para pengunjung pasar.

Sedangkan menurut Wakil Wali Kota Pagaralam, Novirzah Djazuli SE mengimbau, kepada pemudik baik yang akan pergi maupun yang akan masuk Pagaralam agar senantiasa waspada dan mempersiapkan segala keperluan yang diperlukan di perjalanan.
“Mudah-mudahan perjalan para pemudik dapat berlangsung dengan baik dan lancar, sehingga menikmati perayaan lebaran bersama keluarga dan dapat kembali lagi dengan selamat,” ucapnya.

 

TEKS       : ANTONI STEFEN
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster