Mini Market dan Pasar Disidak

 304 total views,  2 views today

Ilustrasi  Ist

Ilustrasi Ist

SEKAYU – Jelang hari raya Idul Fitri 1435 H, Senin (21/7), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), melakukan inspeksi mendadak (sidak) dibeberapa mini market dan pasar yang ada di Muba

Sidak tersebut dilakukan, untuk mencegah beredarnya barang yang sudah kadaluarsa, rusak atau yang tidak memiliki izin beredar, serta makanan dan minuman olahan yang menggunakan pengawet, pewarna dan zat yang berbahaya lainnya.

Asisten II Setda Kabupaten Muba, H Sulaiman Zakaria, meminta pedagang untuk rutin melakukan pengecekan tanggal kedaluwarsa pada setiap makanan dan minuman kemasan yang dijual dan juga menyingkirkan barang yang sudah tidak layak agar tidak dijual lagi.

“Masyarakat harus menjadi konsumen yang cerdas, diimbau untuk lebih teliti dan berhati-hati membeli barang dengan mengecek kemasan, tanggal kadaluarsa, warna dan bau dari makanan tersebut,” himbau Sulaiman seperti dikutip beritamuba.com

Sementara itu, Kepala Disperindag Muba, Ihwan Muslimin mengatakan pengawasan ini dilakukan Disperindag, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Disperindag Sumsel dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP).

Ia berharap, agar barang yang sudah kadaluarsa tidak lagi di jual dan dipajang karena dapat berbahaya jika di konsumsi masyarakat. “Dari hasil sidak dadakan tadi, masih  ditemukan pelanggaran di beberapa mini market seperti barang yang sudah kadaluarsa dan kemasan yang rusak atau penyok,” terangnya.

“Misalnya minuman soft drink, susu kaleng, susu formula, roti tawar, sosis dan makanan siap saji lainnya, kita temukan ada yang kadaluarsa, dan kemasannya rusak. Sementara di pasar pagi, kita mengecek daging, tahu, cincau, pacar cina dan makanan lainnya. Hasilnya, dalam kondisi aman tidak ditemukan makanan yang mengandung formalin atau zat berbahaya lainnya,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, pedagang  yang melakukan pelanggaran untuk saat ini hanya diberi sanksi peringatan dan pembinaan agar tidak mengedarkan barang yang tidak layak jual dan segera mengembalikan barang tersebut ke agennya lagi.

 

TEKS              : BAGUS SANTOSA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster