Jelang Lebaran, SKPD Mulai Kosong

 148 total views,  2 views today

KAYUAGUNG – Bila pada awal bulan Ramadhan banyak para PNS nakal yang berkeliaran pada jam kerja di pasar. Kali ini giliran mendekati lebaran sejumlah SKPD di wilayah pemerintahan kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mulai kosong. Akibat kondisi seperti itu membuat pelayanan birokrasi terhambat, khususnya yang bagi mau berurusan. Hal ini diungkapkan Arif (50), tokoh pemuda di OKI yang juga seorang kontraktor yang ingin berurusan.

Cerita Arif, SKPD yang mulai kosong dengan ketidakhadiran kepala dinasnya, yakni Dinas Pengelolaan dan Pendapatan Aset Daerah (DPPKAD), Dinas PU Bina Marga, dan Inspektorat yang kepala dinasnya saat ini merangkat menjadi Sekda.

“Kedua dinas itu menjelang lebaran ini mulai kosong, kepala dinasnya sudah tidak masuk kerja, akibatnya kami yang mau berurusan untuk minta penandatanganan berkas terhambat,” keluh Arif, Senin (21/7).

Dengan pelayanan birokrasi yang buruk ini, Arif berharap bisa menjadi atensi bagi Bupati OKI, Iskandar SE, untuk mengevaluasi kinerja para kepala dinas tersebut. Mengingat dalam waktu dekat ini akan dilakukan rolling jabatan.

“Kami minta para kepala dinas yang kerjanya buruk seperti instansi yang disebutkan tadi bisa dievaluasi lagi kinerjanya,” harap Arif seraya berkata akibat hal ini kepengurusan berkasnya jadi terhambat.

“Sementara para tukang saya mau gajian,” ungkapnya.

Lanjut Arif, tidak masuknya para kepala dinas tersebut, tak lain lantaran ada dugaan ketakutan, karena saat ini mendekati lebaran. Sehingga mereka memilih ngantor di rumah, sebelum jadwal cuti bersama di mulai.

“Untuk berkas-berkas nanti diantarkan oleh anak buahnya ke rumah. Nah di rumah di meneken berkas-berkas itu. Tapi kan kondisi ini tidak efektif,” tandasnya.

Wakil Ketua DPRD OKI, Askewi SPd, saat dikonfirmasi mengenai tentang hal ini mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan kepada sejumlah kepala dinas yang mulai tidak masuk kerja.

Padahal cuti bersama belum dimulai. Kata Askweni, seharusnya baik selama bulan puasa menjelang lebarab ini, tidak membuat para kepala dinas yang strategis dalam pelayanan bermalas-malasan untuk tidak masuk kerja. Karena apalagi menjelang lebaran ini, pelayanan birokraksi kian meningat.

“Kasihan bagi yang ingin berurusan kalau kondisinya seperti itu,” ujarnya.

Dalam hal ini dia juga berharap kepada Sekda untuk memberikan teguran kepada kepala dinas tersebut.

“Untuk Sekda, saya kira perlu ditegur kinerja para kepala dinas itu yang sudah mendahului jadwal cuti bersama,” tandasnya.

 

TEKS      : DONI AFRIANSYAH

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster