Polres OKI Perketat Pengamanan ATM dan Bank

 251 total views,  2 views today

Kondisi ATM yang Nyaris di Bobol

Ilustrasi ATM | Dok KS

KAYUAGUNG – Tingginya transaksi keuangan di setiap bank menjelang lebaran, membuat Polres Ogan Komering Ilir (OKI), meningkatkan keamanan di setiap bank dan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang tersebar di wilayah Kabupaten OKI untuk mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan seperti perampokan.

“Tingginya transaksi keuangan baik di bank maupun ATM, bisa memancing aksi kejahatan. Karenanya, pengamanan kita tingkatkan,” kata Kepala Polres OKI, AKBP Erwin Rahmat yang dibincangi, kemarin.

Menurut Erwin, tempat yang transaksi keuangannya tinggi, seperti bank, ATM dan pasar. untuk pengamanan bank dan ATM, polisi selalu berkoordinasi dengan pihak bank.

“Di lokasi ATM, kita tempatkan personil yang stand by. Begitu juga di bank, namun kita tidak menambah personil karena sesuai permintaan bank. Tetapi, pengamananya yang tingkatkan,” terang Erwin.

Selain itu, untuk pengamanan pasar dan permukiman masyarakat, pihaknya meningkatkan kegiatan patroli, berkordinasi dengan personil setiap Polsek. “Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati,  jika membawa uang banyak harus meminta pengawalan polisi,” terangnya.

Erwin juga menghimbau, kepada para nasabah bank di OKI, untuk berhati-hati terhadap peredaran uang palsu. “Sampai saat ini kami belum menemukan uang palsu, tetapi satu bulan yang lalu kita sempat penangkap pelaku pengedar uang palsu asal Lempuing, senilai Rp 40 juta. Kami berharap masyarakat tetap berhati- hati, dengan peredaran uang palsu,” himbaunya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres OKI, Kompol Yulianto menyebut, beberapa bank yang beroperasi di Kabupaten OKI secara umum  sudah mempersiapkan kebutuhan dana, bagi masyarakat yang disebar disejumlah ATM.

Di OKI bebernya, ada puluhan mesin ATM yang beroperasi. Seluruh ATM itu, akan beroperasi  naik menjelang maupun saat cuti bersama. Polisi sebutnya, akan menyiapkan personil yang akan berkoordinasi dengan  petugas piket bank, untuk memonitor operasional ATM pada waktu cuti bersama.

“Ini kita lakukan, karena transaksi keuangan sangat tinggi menjelang kebaran. Kita tingkatkan pola pengamananya, kami siap memberikan pelayanan kepada seluruh warga, seperti  memberikan pengawalan kepada warga yang akan melakukan transaksi keuangan di perbankan, anggota Polri siap mengawal warga,” tukasnya.

 

TEKS              :  DONI AFRIANSYAH

EDITOR          :  RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster