Partisipasi Pemilih di OKI Menurun

 206 total views,  2 views today

Ilustrasi Pemilu 9 April 2014 | Dok KS

Ilustrasi Pemilu 9 April 2014 | Dok KS

KAYUAGUNG – Tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan presiden di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) 9 Juli 2014 yang lalu, mengalami penurunan dibandingkan partisipasi pemilih pada pemilihan anggota legislatif (pileg) yang berlangsung 9 April 2014 lalu.

Demikian disampaikan Ketua KPU OKI Dedi Irawan. Menurutnya, partisipasi pemilih pada pilpres 2014 di Kabupaten OKI sebanyak 76 persen, dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 556.137 orang.

“Dalam pelaksanaan pilpres 9 Juli kemarin tingkat partisipasi pemilih di kabupaten OKI mencapai 76 persen, hal dapat kita lihat dari jumlah DPT 556.137 sementara suara sah sebanyak  422.312 suara,” kata Dedi.

Meski tidak mencapai 90 persen, namun jumlah ini kata Dedi  sudah cukup baik, memang pada pileg April yang lalu partisipasi pemilih mencapai 83 persen dari DPT 539.187 orang, yang menyalurkan hak suaranya sebanyak 453.928.

“Kita sudah bekerja keras melakukan Sosialisasi kepada masyarakat agar menyalurkan hak suaranya, dan pada pelaksanaan Pilpres ada sebanyak 33 persen yang tidak menyalurkan hak suaranya,” jelasnya.

Ditambahkan komisioner KPU OKI Devisi Sosialisasi, Deri Siswadi, pihaknya sudah melakukan sosialiasi kepada masyarakat agar menyalurkan hak suaranya pada pilpres 9 Juli.

“Memang kondisi saat pilpres dan pileg sangat berbeda, saat Pileg banyak masyarakat mereka harus mendatangi TPS untuk memilih karena ada salah satu anggota keluarganya mencalonkan diri sebagai anggota legislative, sementara Pilpres calon yang akan dipilih berada dipusat bukan daerah sehingga ada saja masyarakat yang menganggapnya itu tidak begitu penting terutama masyarakat yang tinggal jauh dari TPS ,” tambahnya.

Sementara dari hasil pilpres di Kabupaten OKI Pasangan nomor urut 1. Prabowo- hHtta memperoleh   230.650 suara, dan capres nomor urut 2. Jokowi-Jk memperoleh   191.662 suara dari  Suara sah   422.312. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pasangan nomor urut 1 Prabowo-Hatta unggul di Kabupaten OKI.

 

TEKS            : DONI AFRIANSYAH

EDITOR          : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster