Lahan Tol Palembang-Indralaya, Baru 7 Kilometer Dibebaskan

 299 total views,  2 views today

Sebuah alah berat saat melakukan pengerjaan di sisi Jalintim untuk melakukan pelebaran jalan | Dok KS

Sebuah alah berat saat melakukan pengerjaan di sisi Jalintim Palembang – Inderalaya  | Dok KS

PALEMBANG – Dari 22 kilometer lahan yang akan dibebaskan, untuk pembangunan Jalan Tol Palembang-Indralaya, ternyata baru tujuh kilometer saja yang sudah dibebaskan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumatera Selatan (Sumsel).

Sedangkan sisanya, saat ini tengah dalam proses penyelesaian. Hal ini diungkapkan Sekretaris Umum BPN RI, H Suhaily Syam kepada wartawan koran ini, usai menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat kurang mampu, belum lama ini.

“BPN hanya bertindak sebagai teknis untuk pembebasan lahan pembangunan Jalan Tol Palembang-Indralaya, namun keseluruhan berada ditangan pemerintah daerah. Mulai tahap perencanaan dan persiapan semuanya tanggungjawab mereka, begitu penetapan lokasi dan pelaksanaan baru di BPN wewenangnya. Kalau BPN akan secepatnya menyelesaikan sisa lahan yang belum terselesaikan,” terang Suhaily didampingi Kakanwil BPN Sumsel, Arif Pasha.

Selain membebaskan lahan Jalan Tol Palembang-Indralaya, BPN juga membantu Pemprov Sumsel, untuk memetakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api (TAA) seluas 2.030 hektare. Terlebih saat ini kawasan tersebut, sudah banyak dilirik oleh investor asing yang ingin menanamkan modalnya di Sumsel.

“TAA saat ini sudah menjadi KEK, disini BPN membantu dibidang penataan, penggunaan tanah, dan pemetaannya. Sekarang ini sedang berlangsung kegiatannya, dan ini bisa dijadikan sebagai bahan kepala daerah untuk menetapkan izin lokasi bagi investor yang akan masuk dalam KEK TAA,” jelasnya.

Selain itu, BPN juga menugaskan tujuh kepala BPN di kabupaten dan kota, untuk menyelesaikan tujuh permohonan pembebasan lahan. Namun dari jumlah tersebut, baru lima permohonan telah diselesaikan oleh BPN Ogan Ilir (OI), Banyuasin, OKI dan Mura.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster