Dinkes Dirikan Empat Posko Kesehatan

 239 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, akan mendirikan empat posko kesehatan. Posko tersebut kata Kepala Dinkes Palembang melalui Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK), Afrimelda, didirikan  untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik.

“Kami bekerjasama dengan kepolisian dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dalam mendirikan posko tersebut. Dengan begitu, nantinya pemudik tidak hanya bisa memeriksakan kesehatannya tetapi juga bisa meminta informasi kepada kepolisian,” kata Afrimelda, kemarin.

Empat posko itu terangnya, akan didirikan di Alang-Alang Lebar (AAL), Stasiun KA Kertapati, Bundaran Air Mancur (BAM) Masjid Agung, dan Fantasi Island.  “Sementara untuk Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II dan Pelabuhan Boom Baru di cover oleh KKP, sementara Terminal Karya Jaya oleh Dinkes Sumsel,” terangnya.

Guna menekan angka kecelakaan lalu lintas saat arus mudik dan balik, Dinkes terang Afrimelda,  akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada sopir angkutan lebaran di Terminal Karya Jaya.

“Pemeriksaan alkohol dan narkoba, dan screning penyakit tidak menular. Jika terindikasi salah satu dari pemeriksaan tersebut aka tidak diizinkan, untuk melanjutkan perjalanan. Jika sopir dalam keadaan lelah, dianjurkan untuk istirahat dan efektifnya selama empat jam,” bebernya.

Afrimelda mengaku, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, posko tersebut didirikan pada H-7-H+7 Idul Fitri, yang melibatkan tim dari Badan Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL), KKP, dan Sumsel.  “Kami akan menyesuaikan dengan koordinasi bersama pihak provinsi,” akunya.

Afrimelda menambahkan, tahun lalu pemudik yang paling banyak mengalami keluhan, berada di Stasiun serta di Bundaran Air Mancur (BAM) . “Para sopir biasanya mengeluhkan sakit kepala, pegal-pegal, sakit perut. Sementara penumpang mengeluhkan diare. Kami menyiapkan ambulan di posko yang berisi P3K, oksigen,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster