50 Persen Jalan Provinsi Rusak

 386 total views,  2 views today

Kondisi Salah satu Lokasi Jalan Propinsi d Daerh Empat Lawang | Dok KS

Kondisi Salah satu Lokasi Jalan Propinsi d Daerh Empat Lawang | Dok KS

EMPAT LAWANG – Kerusakan badan jalan provinsi yang membentang di wilayah Kabupaten Empat Lawang, hampir 50 persennya dalam kondisi rusak.

Data Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) Kabupaten Empat Lawang, dari sekitar 175 kilometer jalan provinsi di kabupaten ini, beberapa titik kerusakan cukup parah dan mengkhawatirkan bagi pengendara melintas.

Kepala Dinas PU BM Empat Lawang, H Fauzi melalui Kabid perbaikan jalan dan jembatan, Hamsapari menjelaskan, jalan provinsi di Empat Lawang terbagi empat ruas, pertama dari Kecamatan Tebing Tinggi – Desa Tanjung Raye kecamatan Pendopo, ruas kedua dari Talang Padang- Padang Tepong Kecamatan Ulumusi, kemudian dari Tanjung Raye – Lahat dan Kota Pagaralam serta Tanjung Raye hingga perbatasan Provinsi Bengkulu.

“Kita sudah survei, ada beberapa titik kerusakan parah dan memang harus dilakukan perbaikan menyeluruh,” jelas Hamsapari disela peninjauan bersama Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel, kemarin.

Diakuinya, selama dua tahun terakhir terus disampaikan kondisi rill jalan provinsi di Empat Lawang. Diharapkan 2014 ini benar-benar terealisasi, bantuan perbaikan dari PU BM Provinsi di Empat Lawang.

“Kita sudah tiap bulan melaporkan kondisi jalan provinsi, semoga saja bisa terealisasi secepatnya,” katanya seraya menambahkan, upaya perbaikan jalan akan mengefisienkan arus lalu lintas serta pemicu meningkatnya perekonomian.

Sementara itu Kepala Dinas PU Sumsel, Rizal Abdullah mengakui, kondisi jalan provinsi di Empat Lawang banyak kerusakan. Sebab itu sebutnya,  pemprov akan mengucurkan dana Rp 30 milyar untuk perbaikan.

Tekhnis pekerjaan? sebutnya, dijadwal dalam dua tahap yakni tahap reguler dan tahap multi years. Nah dari dua tahap tadi dibagi lagi perbaikan jalan dalam tiga paket yakni antara Talang Padang-Padang Tepong, Tanjung Raye-Tebing Tinggi dan perbatasan Kota Pagar Alam- Tanjung Raye Pendopo. “Secara bertahap sudah dimulai, perbaikan ini dananya reguler, namun untuk multi years akan dilaksanakan pasca lebaran,” beber Rizal.

Tekhnisnya ? perbaikan jalan provinsi di Empat Lawang dilakukan sekaligus pelebaran jalan, ada juga yang diperbaiki secara permanen di titik-titik rawan longsor. Contoh saja, pembangunannya aliran air itu bisa meresap melalui celah-celah struktur jalan sehingga tidak menggerus jalan.

Kata Rizal, mengenai keterlambatan pembangunan jalan provinsi ini bukan karena disengaja melainkan aturannya baru disahkan, sehingga pengerjaannya baru akan dilakukan. Sebab,  tidak ada daerah ditinggalkan dalam suatu pembangunan, namun juga disesuaikan dengan jumlah dana tersedia baik itu anggaran provinsi maupun APBN.

“Semua jalan provinsi butuh dana triliunan, sementara pembangunan lainnya juga mesti dilaksanakan. Jadi, sabar dahulu, semua akan diupayakan perbaikan,” tukasnya.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster