Waspadai Barang Kadalusara, Tim Gabungan Lakukan Sidak

 199 total views,  2 views today

kadaluarsa

MUARAENIM – Guna mengantisipasi beredarannya makanan dan minuman kadaluarsa, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 H, tim gabungan dari Dinas Perindustrian (Disperindag), Dinas Peternakan, Dinkes dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muaraenim, menggelar inspeksi mendadak (sidak).

Sidak tersebut, digelar ke sejumlah toko di Pasar Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul. “Kita minta masyarakat lebih teliti, saat berbelanja makanan dan minuman khususnya dalam kemasan. Bukan tidak mungkin, ada barang kadaluarsa yang beredar,” kata Asyianti, salah satu anggota tim gabungan.

“Ini kita lakukan, bagian dari pengawasan agar masyarakat tidak dirugikan dengan beredarnnya makan dan minuman kadaluarsa,” terangnya saat dibincangi disela-sela sidak ke sejumlah sidak, Jumat (18/7).

Ia menerangkan, menjelang lebaran tingkat kebutuhan masyarakat terhadap makanan dan minuman meningkat. Kondisi ini sering dimanfaatkan oknum pedagang nakal, untuk mengeruk keuntungan dengan menjual makanan dan minuman kadaluarsa.

Tak hanya makanan dan minuman kadaluarsa, tim gabungan juga bebernya, memeriksa daging yang di jual pedagang. “Kita hanya melakukan pemeriksaan, dan pendataan saja. Jika ditemukan produk berkadaluarsa, pemilik toko kita bina. Kita tidak melakukan penyitaan,” terangnya.

Sementara itu, Yuli, salah seorang warga Tanjung Enim yang dibincangi di kawasan Pasar Tanjung Enim mengaku senang dengan sidak tersebut. Sebab katanya, dengan sidak tersebut setidaknya masyarakat tidak ragu untuk membeli makanan dan minuman terutama yang dalam kemasan.

“Sering ada makanan dan minuman terutama dalam kemasan, yang sudah kadaluarsa namun tetap dijual. Jika kita tidak teliti dalam membeli, bisa saja kita jadi korban. Tentu kita dirugikan,  karenanya dengan sidak ini setidaknya kita sebagai konsumen bisa tenang,” ucapnya.

Ia berharap sidak tersebut, tidak hanya dilakukan sekali saja. Namun sidak itu, dilakukan rutin bukan hanya menjelang hari besar agama tetapi juga hari-hari lainnya. “Harusnya rutin, jangan hanya mendekati lebaran saja. Sebab bukan tidak mungkin, sidak itu bocor,” tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster