Permintaan Bahan Bangunan Meningkat

 429 total views,  2 views today

Toko Bangunan | Dok KS

Toko Bangunan | Dok KS

PALEMBANG – Menjelang hari raya idhul fitri, permintaan bahan bangunan di Palembang meningkat signifikan. Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang ingin mempercantik rumah mereka pada saat lebaran tiba.

Pengusaha bahan bangunan yang terletak di kawasan Jalan Angkatan 45, Tono mengungkapkan, untuk permintaan bahan bangun yang banyak di dicari masyarakat saat ini seperti cat, pasir, dan semen. Ketiga bahan bangunan tersebut mengalami peningkatan hingga 30 persen.

“Peningkatan permintaan ini sudah terjadi sejak dua pekan lalu, dan akan diprediksi satu minggu jelang lebaran permintaan bisa mencapai 50 persen,” kata Tono, Jumat (18/7).

Tono menambahkan, permintaan yang tinggi ini dikarenakan sudah banyak masyarakat yang mulai merenovasi rumahnya untuk menyambut lebaran. Budaya renovasi rumah jelang Lebaran, tambahnya, telah berlangsung sejak lama dan membawa dampak positif terhadap penjualan bahan bangunan.

Hal senada juga diungkapkan Amir, pengusaha bahan bangunan di Jalan Basuki Rahmat. Dia mengatakan, permintaan akan bahan bangunan menjelang lebaran, membuat omzet penjualan meningkat cukup tinggi. “Lebaran ini memang omzet penjualan meningkat, dan ini sangat berbeda dengan hari-hari biasa,” ungkapnya.

Menurut dia, secara umum permintaan bahan bangunan meningkat, namun beberapa hari terakhir permintaan keramik yang paling banyak dicari konsumen.

“Selama bulan puasa biasanya masyarakat melakukan perbaikan rumah agar bisa nyaman menjamu teman dan keluarga yang bersilaturahmi saat Idul fitri, sehingga permintaan bahan bangunan mengalami peningkatan yang cukup tinggi,” ujarnya.

Meski mengalami lonjakan permintaan, pedagang mengklaim sejauh ini tak ada peningkatan harga bahan bangunan. Sekarang ini keramik berbagai ukuran dijual Rp46.000 per kotak, cat tembok kemasan kaleng 5 kg dijual dengan harga mulai Rp65.000 hingga Rp97.000 per kemasan sesuai dengan merek dan kualitasnya, sedangkan cat dalam kemasan galon isi 25 kg dijual dengan harga mulai Rp315.000 hingga Rp450.000 per galon.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster