Perbaikan Tak Kelar Sebelum Lebaran, Jalan Muaraenim-Lahat Masih Rusak

 290 total views,  2 views today

Akibat jalan rusak hampir setiap hari terjadi kemacetan di desa Suraja Kecamatan Pedamaran OKI.. Foto . Iwan Cheristian

Jalan Rusak Foto . Iwan Cheristian

MUARAENIM – Peningkatan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya jalan batas kota Lahat-Muaraenim,  yang dikerjakan PT Sekawan Maju Bersama dengan dana Rp 5.155.378.400 miliar dari APBN, sampai saat ini terus dikebut pengerjaannya.

Jalan tersebut, nampaknya belum akan kelar saat arus mudik Idul Fitri. Diprakirakan, pengerjaannya baru selesai 40 persen. Pantauan Kabar Sumatera, Jumat (18/7), ruas jalan yang berada di Desa Lebuay Bandung, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat ini kondisinya masih mengkuatirkan.

Setidaknya masih ada jalan sepanjang 50 meter, yang rusak.  Bahkan ada sebagian yang longsor,  akibat sebagian badan jalan turun. Sehingga kendaraan terpaksa harus antri menggunakan sistim buka tutup, karena hanya sebagian badan jalan yang bisa dilintasi.  Kerusakan jalan tersebut kian parah, akibat tingginya volume kendaraan angkutan batubara yang melintasi jalan tersebut.

Irwan, pengawas dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Propinsi Sumsel yang dibincangi, kemarin menerangkan peningkatan jalan tersebut baru dikerjakan April lalu.

“Awalnya memang diprediksi, bisa kelar sebelum lebaran. Namun di lapangan, pekerjaannya molor sebab banyak batu cadas, didalam tanah dan lainnya. Kalau melihat kondisi ini, saya berani bertaruh siapa yang sanggup mengerjakannya selesai sebelum lebaran,” ucap Iwan.

Ditambahkan Iwan, untuk pengerjaan sudah mencapai 40 persen, namun untuk lebaran dipastikan perbaikan jalan belum akan selesai. Untuk menghadapi kedapatan kendaraan saat arus mudik dan balik, akan ditempatkan petugas di lapangan untuk mengatur lalu lintas.

“Untuk lebaran nanti, kita hanya menyiapkan rambu-rambu dan pengatur lalu lintas. Kita juga akan menempatkan petugas yang stand by, untuk mengatur lalu-lintas,” tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster