Jelang Lebaran, Pelebaran Jalur Palembang-Indralaya Dikebut

 250 total views,  2 views today

Sebuah alah berat saat melakukan pengerjaan di sisi Jalintim untuk melakukan pelebaran jalan | Dok KS

Sebuah alah berat saat melakukan pengerjaan di sisi Jalintim untuk melakukan pelebaran jalan | Dok KS

INDERALAYA – Pengerjaan pelebaran Jalan Lintas Timur (Jalintim) Palembang-Indralaya yang mencapai 10 kilometer, tepatnya di km 12, Desa Simpang Pelabuhan Dalam, Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI), hingga mencapai jembatan kurung Km 18, Desa Teluk Kecapi, terus dikebut.

Setidaknya, satu unit alat berat jenis Bouldozer dikerahkan untuk meratakan jalan yang telah ditimbun dengan menggunakan jenis tanah merah. Setelah sebelumnya, para pekerja menyelesaikan pengerjaan pelebaran jalan di sisi kiri jalan raya dari arah Palembang hendak menuju ke Indralaya selebar lebih kurang 1 meter, tepatnya di Desa Simpang Pelabuhan Dalam hingga mencapai ke Jembatan Kurung.

“Saat ini, kami memfokuskan pengerjaan pelebaran jalan raya. Khususnya, jalan raya bagi kendaraan yang melintas dari arah Inderalaya hendak menuju ke Palembang, tepatnya di lokasi yang sama yakni Desa Simpang Pelabuhan Dalam,” ungkap Ujang, salah seorang pekerja, Jumat (18/7) kemarin.

Sementara itu, Usman, warga sekitar mengatakan, kondisi jalur Palembang-Indralaya saat ini, sudah saatnya untuk dilakukan pelebaran. Lantaran, kebutuhan yang mendesak ditambah dengan volume kendaraan yang setiap tahunnya terus mengalami peningkatan serta tidak diimbangi dengan kondisi jalan raya.

“Saya rasa, pelebaran jalur Palembang-Indralaya, saat ini merupakan kebutuhan yang sangat mendesak. Belum lagi, ditambah dengan kondisi ketidaklayakan kendaraan khususnya truk yang mengalami patah as roda hingga menimbulkan kemacetan panjang yang kerapkali terjadi di jalur ini,” ungkapnya.

Terpisah, Kapolres OI AKBP Asep Jajat Sudrajat, menambahkan, jelang H-7 lebaran, pihaknya akan menerjunkan puluhan personil baik anggota Reskrim maupun Lantas untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan baik sebelum maupun sesudah pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri, khususnya bagi kendaraan yang melintas di Jalintim,  Palembang-Indralaya, maupun Indralaya-Kayuagung.

“Selain mempersiapkan personil, kita juga terus memantau kondisi arus lalu lintas melalui kamera Closed-circuit television (CCTV) yang telah terpasang di empat titik lokasi baik di jalur Palembang-Inderalaya, Jalinsum serta jalur Indralaya Kayuagung. Ini untuk mengantisipasi terjadinya penumpukkan kendaraan hingga menimbulkan kemacetan,” pungkasnya.

 

Teks : Junaedi Abdillah

EDITOR  : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster